Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBDP
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7612Keywords:
Role Playing, Hasil Belajar SBdPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan aktifitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan meningkatkan hasil belajar SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada peserta didik kelas IV SDN 4 Pahandut Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 4 Pahandut yang berjumlah 4 orang. Terdiri dari 1 laki – laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Tes. Berdasarkan hasil penelitian belajar SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada materi karya seni 3 dimensi di SDN 4 Pahandut Palangkaraya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik menjadi sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada saat pre-test mendapatkan rata-rata nilai 22,5 dengan ketuntasan klasikal 0% kemudian meningkat pada siklus II dengan mendaptkan nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 100%. Serta aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan skor rata – rata 3,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 3,9. Diharapkan dengan adanya penelitian ini hendaknya guru dapat melatih perserta didik dalam memahami simbol, nilai tempat dalam matematika.
Downloads
References
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana-Prenada Media.
Aqib & Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Andi
Damayanti, Veti. (2018) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Pada Kelas III-B SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Djamarah,B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
FIRDANI, Alfia, et al. Persepsi Guru dalam Pembelajaran SBDP Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SDIT Bias Assalam Kota Tegal. 2017. PhD Thesis. Universitas Negeri Semarang.
Gulo, W. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Husna & Suryana. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Isti’adah, F.S. 2020. Teori - Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher
Kusumah & Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi dan Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery
Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia
Setiawan, Deni., Purwanti, Eko., Sumilah., & Sutaryono. 2017. Pengetahuan Seni dan Gambar Ekspresi di Sekolah Dasar. Yogyakarta Nasional.
Shilphy A. Octavia, M.Pd (2020). Model – Model Pembelajaran. Sleman: CV BUDI UTAMA
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sumadoyo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karaya Nuril Maghfirotin Ramadhan, Desi Ratna Indriati, Tazkiyatunnafs Elhawwa, Nurul Hikmah Kartini, Sumino, Yuliyanti, Mariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License