Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBDP

Authors

  • Karaya Nuril Maghfirotin Ramadhan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Desi Ratna Indriati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Tazkiyatunnafs Elhawwa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-3631-5605
  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-0366-6257
  • Sumino Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Yuliyanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mariani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Siti Arnisyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7612

Keywords:

Role Playing, Hasil Belajar SBdP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan aktifitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan meningkatkan hasil belajar SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada peserta didik kelas IV SDN 4 Pahandut Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 4 Pahandut yang berjumlah 4 orang. Terdiri dari 1 laki – laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Tes. Berdasarkan hasil penelitian belajar SBDP dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada materi karya seni 3 dimensi di SDN 4 Pahandut Palangkaraya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik menjadi sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada saat pre-test mendapatkan rata-rata nilai 22,5 dengan ketuntasan klasikal 0% kemudian meningkat pada siklus II dengan mendaptkan nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 100%. Serta aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan skor rata – rata 3,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 3,9. Diharapkan dengan adanya penelitian ini hendaknya guru dapat melatih perserta didik dalam memahami simbol, nilai tempat dalam matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karaya Nuril Maghfirotin Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Desi Ratna Indriati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Tazkiyatunnafs Elhawwa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Sumino, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Yuliyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mariani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Siti Arnisyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana-Prenada Media.

Aqib & Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Andi

Damayanti, Veti. (2018) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Pada Kelas III-B SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Djamarah,B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

FIRDANI, Alfia, et al. Persepsi Guru dalam Pembelajaran SBDP Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SDIT Bias Assalam Kota Tegal. 2017. PhD Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Gulo, W. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Husna & Suryana. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Isti’adah, F.S. 2020. Teori - Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher

Kusumah & Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi dan Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery

Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia

Setiawan, Deni., Purwanti, Eko., Sumilah., & Sutaryono. 2017. Pengetahuan Seni dan Gambar Ekspresi di Sekolah Dasar. Yogyakarta Nasional.

Shilphy A. Octavia, M.Pd (2020). Model – Model Pembelajaran. Sleman: CV BUDI UTAMA

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sumadoyo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Ramadhan, K. N. M., Indriati, D. R., Elhawwa, T., Kartini, N. H., Sumino, Yuliyanti, Mariani, & Arnisyah, S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBDP. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 9–18. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7612