Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Course Review Horayberbantuan Mediakonkrit Pada Kelas IV SD-N 1kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.866Keywords:
Course Review Horay, Media Konkrit, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horay berbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. dan 2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah subyek penelitian 20 orang peserta didik yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 10 Perempuan yang sekaligus dijadikan sampel penelitian teknik pengumpulan data. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus tiap proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika lebih aktif dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkritpada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3,36 dan 2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik, pada siklus I hasil belajar peserta didik yaitu 95%.
Downloads
References
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara 2003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License