Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI
Increasing Thematic Learning Activity The Theme Of Union In Differences Through Image Media In Class VI Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3058Keywords:
Media Gambar, Pembelajaran TematikAbstract
Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik tema persatuan dalam perbedaan melalui media gambar di kelas VI A Semester I SDN 2 Bukit Tunggal dan penerapan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan maksud supaya ada perbaikan proses pembelajaran di kelas. Awalnya guru melihat ada sesuaitu yang perlu di perbaiki baik dari segi siswa maupun dari segi guru. Makanya pendekatan dan jenis penelitian yang cocok untuk guru dalam memperbaiki pembelajaran adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VI A Sdn 2 Bukit Tunggal.
Hasil penelitian siklus I adalah sebanyak 12 siswa atau 60% yang mendapat nilai memuaskan dan tidak perlu melakukan remidi, sedangkan siswa yang mendapat nilai kurang memuaskan atau nilai kurang bagus dan perlu melakukan remidi ada 7 siswa atau sma dengan 40% dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 20 siswa. Dan nilai rata-rata kelas yang di peroleh dari keseluruhan siswa adalah 72,95. Hasil penelitian siklus II adalah sebanyak 20 siswa atau 100% yang mendapat nilai memuaskan dan tidak perlu melakukan remidi.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi.(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Arsyad, Azhar.(2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Dimyati, Johni.(2013).
Dimyati & Mudjiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hadi, M. Syamsul.(2008). Mahir Power Point 2007 dalam 240 Menit. Surabaya: Tiara Aksa.
Hamalik, Oemar.(2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartono, Rudi.(2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid.Yogyakarta: DIVA Press.
Hasbullah.(2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Kastolani.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Teori dan Aplikasi. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Majid, Abdul.(2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rasimin.(2017). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Kualitatif.Yogyakarta: Getar hati.
Rusman.(2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sanaky, Hujair AH.(2012). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Setiawan Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Susanto, Ahmad.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thobroni.(2017). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR- Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License