Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI

Increasing Thematic Learning Activity The Theme Of Union In Differences Through Image Media In Class VI Students

Authors

  • Sulasih Sulasih SDN 2 BUKIT TUNGGAL

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3058

Keywords:

Media Gambar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik tema persatuan dalam perbedaan melalui media gambar di kelas VI A Semester I SDN 2 Bukit Tunggal dan penerapan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa

Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan maksud supaya ada perbaikan proses pembelajaran di kelas. Awalnya guru melihat ada sesuaitu yang perlu di perbaiki baik dari segi siswa maupun dari segi guru. Makanya pendekatan dan jenis penelitian yang cocok untuk guru dalam memperbaiki pembelajaran adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VI A Sdn 2 Bukit Tunggal. 

Hasil penelitian siklus I adalah sebanyak 12 siswa atau 60% yang mendapat nilai memuaskan dan tidak perlu melakukan remidi, sedangkan siswa yang mendapat nilai kurang memuaskan atau nilai kurang bagus dan perlu melakukan remidi ada 7 siswa atau sma dengan 40% dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 20 siswa. Dan nilai rata-rata kelas yang di peroleh dari keseluruhan siswa adalah 72,95. Hasil penelitian siklus II adalah sebanyak 20 siswa atau 100% yang mendapat nilai memuaskan dan tidak perlu melakukan remidi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulasih Sulasih, SDN 2 BUKIT TUNGGAL

References

Arifin, Zainal & Adhi Setiyawan.(2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative.
Arikunto, Suharsimi.(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Arsyad, Azhar.(2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Dimyati, Johni.(2013).
Dimyati & Mudjiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hadi, M. Syamsul.(2008). Mahir Power Point 2007 dalam 240 Menit. Surabaya: Tiara Aksa.
Hamalik, Oemar.(2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartono, Rudi.(2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid.Yogyakarta: DIVA Press.
Hasbullah.(2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Kastolani.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Teori dan Aplikasi. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Majid, Abdul.(2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rasimin.(2017). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Kualitatif.Yogyakarta: Getar hati.
Rusman.(2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sanaky, Hujair AH.(2012). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Setiawan Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Susanto, Ahmad.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thobroni.(2017). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR- Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Sulasih, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI: Increasing Thematic Learning Activity The Theme Of Union In Differences Through Image Media In Class VI Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3058