Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Pembelajaran IPA di SLBN-2 Palangka Raya

Development of Web-Based Learning Media in Science Learning at SLBN-2 Palangka Raya

Authors

  • Siti Juhairiah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Qanaiya Yosheila Kinasih Universitas Negeri Malang
  • Doddy Teguh Yuwono Xsolusi Media Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4484

Keywords:

Google Sites, IPA, Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa lingkungan belajar yaitu lingkungan belajar berbasis web dengan menggunakan Google Sites sebagai alat pembangun web. Kemudian dilakukan uji validasi media untuk mengetahui kelayakan dan kualitas media pembelajaran berbasis web Google Sites dalam pembelajaran IPA di kelas V di SLBN-2 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dimana model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi atau observasi dan angket (kuesioner). Hasil uji validasi dua validator yaitu Validator Ahli Media mencapai persentase rata-rata sebesar 84% diinterpretasikan pada kategori Sangat Layak, dan Validator Ahli Materi mencapai persentase rata-rata sebesar 77,67% pada kategori Sangat Layak. Reaksi siswa terhadap media masuk kategori sangat layak. Jawaban guru media pembelajaran mendapatkan persentase 86,67% dengan kategori sangat layak dan jawaban para peserta didik dengan persentase sebesar 90,67%. Berdasarkan informasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar berbasis web Google Sites untuk pembelajaran IPA kelas V di SLBN-2 Palangka Raya layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Juhairiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Qanaiya Yosheila Kinasih, Universitas Negeri Malang

Doddy Teguh Yuwono, Xsolusi Media Cendekia

References

Anita, Riani, A. L., & Sudiyanto. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: STUDI LITERATUR. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 205–210. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/344411778

Arif Syaiful, & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 112–124. Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V5i1.19779

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1),444.https://Doi.Org/10.52434/Jp.V15i1.1179

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Akademika, 11(01), 163–172. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V11i01.1693

Putri, F. A. (2022). Tutorial Aplikasi Google Sites Untuk Merancang Pembelajaran Ipadi SD. Nautical : Jurnal Multidisiplin, 1(2), 26–28.

Rokhani, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method): Improving Science Learning Outcomes Through Problem Solving Method. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 45–50.https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2776

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3155

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3155

Setiawan, M. A., & Riadin, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 27. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1912

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.743

Winarti, S. (2022). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Education Action Research, 6(2), 146-152.https://Doi.Org/10.23887/Jear.V6i2.46037

Yuniarti, Syamsiati, & Hery Kresnadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Juhairiah, S., Kinasih, Q. Y., & Yuwono, D. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Pembelajaran IPA di SLBN-2 Palangka Raya: Development of Web-Based Learning Media in Science Learning at SLBN-2 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4484