Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Pembelajaran IPA di SLBN-2 Palangka Raya
Development of Web-Based Learning Media in Science Learning at SLBN-2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4484Keywords:
Google Sites, IPA, PengembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa lingkungan belajar yaitu lingkungan belajar berbasis web dengan menggunakan Google Sites sebagai alat pembangun web. Kemudian dilakukan uji validasi media untuk mengetahui kelayakan dan kualitas media pembelajaran berbasis web Google Sites dalam pembelajaran IPA di kelas V di SLBN-2 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dimana model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi atau observasi dan angket (kuesioner). Hasil uji validasi dua validator yaitu Validator Ahli Media mencapai persentase rata-rata sebesar 84% diinterpretasikan pada kategori Sangat Layak, dan Validator Ahli Materi mencapai persentase rata-rata sebesar 77,67% pada kategori Sangat Layak. Reaksi siswa terhadap media masuk kategori sangat layak. Jawaban guru media pembelajaran mendapatkan persentase 86,67% dengan kategori sangat layak dan jawaban para peserta didik dengan persentase sebesar 90,67%. Berdasarkan informasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar berbasis web Google Sites untuk pembelajaran IPA kelas V di SLBN-2 Palangka Raya layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Anita, Riani, A. L., & Sudiyanto. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: STUDI LITERATUR. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 205–210. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/344411778
Arif Syaiful, & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 112–124. Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V5i1.19779
Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1),444.https://Doi.Org/10.52434/Jp.V15i1.1179
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Akademika, 11(01), 163–172. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V11i01.1693
Putri, F. A. (2022). Tutorial Aplikasi Google Sites Untuk Merancang Pembelajaran Ipadi SD. Nautical : Jurnal Multidisiplin, 1(2), 26–28.
Rokhani, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method): Improving Science Learning Outcomes Through Problem Solving Method. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 45–50.https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2776
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3155
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3155
Setiawan, M. A., & Riadin, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 27. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1912
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.743
Winarti, S. (2022). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Education Action Research, 6(2), 146-152.https://Doi.Org/10.23887/Jear.V6i2.46037
Yuniarti, Syamsiati, & Hery Kresnadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Juhairiah, Qanaiya Yosheila Kinasih, Doddy Teguh Yuwono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License