Observasi dan Pengenalan Pedagang Terhadap Sertifikasi Halal

Authors

  • Sealvya Neka Nur Syafat Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nikmatul Hidayah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nala Maghfiroh Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6341

Keywords:

Observasi, Sertifikasi halal, Manfaat

Abstract

Studi halal kini menjadi pembahasan yang sangat hangat untuk dibicarakan. Hal ini terjadi karena semakin gencarnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengampanyekan pentingnya sertifikasi halal pada produk. Oleh sebab itu adanya sertifikasi halal pada sebuah produk yang beredar merupakan tindakan yang harus dilakukan guna menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap produk halal. Studi ini bertujuan untuk mengetahui Observasi pedagang atas kebijakan sertifikasi halal, Bersosialisasi mengenai sertifikasi halal dan manfaat sertifikasi halal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti turun kelapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena selain itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau setting sosial dalam tulisan yang bersifat naratif. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan menggunakan model Miles and Hubermen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Adanya Observasi pengenalan sertifikasi halal kepada para pedagang mikro atau usaha menengah yang masih memebutuhkan serangkaian edukasi dan pembinaan mengenai prosedur untuk proses pembuatan sertifikasi halal bagi usahanya; 2) Sosialisasi mengenai sertifikasi halal agar para pedagang dapat memahami cara membuat sertifikasi halal dan tujuan dalam membuat sertifikasi halal; 3) Manfaat sertifikasi halal guna untuk memperkuat kepercayaan dan apa manfaat para pedagang untuk membuat sertifikasi halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, S., & Al Rosyadah, HK (2023). BANTUAN PEMBUATAN NIB DAN SERTIFIKAT HALAL BAGI UMKM DI PEKALONGAN DAN SEKITARNYA. LANDMARK:(Jurnal Pengabdian Masyarakat) , 1 (3), 133-139.

Darwanto, D., Tri, U., & Danuar, D. (2013). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis ekonomi kreatif di kota semarang. Jurnal Ekonomi Diponegoro , 2 (4), 19599.

Enjel, S. (2019). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus: Agen Kelapa Sawit di Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Happy, F., Surur, A. T., & Adinugraha, H. H. (2021). Prospek Bisnis Dan Pemberdayaan Umkm Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus Pada Usaha Permen Jahe Fadhilah. Tamwil, 7(2), 65-77.

Hutami, L. T. H., & Maharani, B. D. (2018). Analisis Perkembangan Penelitian UMKM di Indonesia. Jurnal UMKM Dewantara, 1(1), 10-19.

Merdekawati, E. (2018). Potensi dan Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Tahu Jalan Damai RT 03 LK II Kelurahan Kedamaian Kecamatan Kedamaian) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Muttalib, A. (2019). Pola Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Mataram Tahun 2016. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2).

Nadya, A. Q., ridho Hafidz, A., Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi UMKM Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24.

Ramadhani, A. S., Dewi, H. D. M., Qawiyyu, R. A., Chusen, A., & Diana, L. (2022). Pendampingan sertifikasi halal dan NIB bagi UMKM di kelurahan Tanjungsari, Sukorejo, kota Blitar. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 30-35.

Setiyani, A., Yuliyanti, T., & Rahmadanik, D. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 425-433.

Suhari, E., Tamara, Y., Agustanto, H., Nugroho, B. H., Hartoko, S., & Harmadi, H. (2023). Peningkatan Kualitas Manajerial Dan Hasil Produksi Umkm Kerupuk Rambak Desa Gadingan. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 33-40.

Wardiningsih, R. (2022). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Pujut. Yasin, 2(3), 383-392.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Syafat, S. N. N., Hidayah, N., & Maghfiroh, N. (2024). Observasi dan Pengenalan Pedagang Terhadap Sertifikasi Halal. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6341