Sosialisasi Pentingnya Pendidikan dalam Menghadapi Tantangan Global
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan kunci utama dalam membekali generasi muda dengan kompetensi yang diperlukan untuk bersaing di era globalisasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai peran strategis pendidikan dalam menjawab tantangan global, seperti revolusi industri 4.0, ketimpangan sosial, dan perubahan iklim. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok terfokus (FGD), serta distribusi materi edukatif berupa poster. Sasaran kegiatan ini adalah 23 siswa SMA IT Hasanka Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai konsep pendidikan abad 21 dan pemahaman keterampilan esensial (literasi digital, berpikir kritis, kolaborasi). Rekomendasi tindak lanjut mencakup pembentukan komunitas belajar dan pendampingan berkelanjutan oleh pemangku kepentingan lokal.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Gustina, M. (2024). Membuka Cakrawala Pendidikan dan Mengatasi Tantangan Global Melalui Wawasan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.176
Mansir, F., Kian, L., Abas, S., & Sa’adi, M. (2022). Tantangan Anak di Indonesia Dalam Menghadapi Era Global: Kajian Pendidikan Agama Islam. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 5 (2), 66-78. file:///C:/Users/62821/Downloads/2.+Firman+Mansir.pdf
Putri, A. A., Tsania, A. R., Sundari, M. A., Hermayanti, R. A., Handayani, S. R., & Prihantini. (2025). Transformasi Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar: Menghadapi Tantangan Globalisasi dan Teknologi. IndoMathEdu Intellectuals Journal, 6 (1) 723-729. http://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2530
Rusniati. (2015). Pendidikan Nasional dan Tantangan Globalisasi: Kajian Kritis Terhadap Pemikiran A. Malik Fajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(1), 105-128. https://media.neliti.com/media/publications/136840-ID-pendidikan-nasional-dan-tantangan-global.pdf
Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi. MISYKAT AL-ANWAR: Jurnal Kajıan Islam Dan Masyarakat, 3 (2), 193-216. DOI: 10.24853/ma.3.2
Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888