Transformasi Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Melalui Pelatihan Quizizz Paper Mode pada Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Putu Ledyari Noviyanti
Kadek Rahayu Puspadewi
I Made Dharma Atmaja
I Made Wena
Ni Kadek Nadien Istara

Abstract

Pelatihan dan pendampingan pembuatan media interaktif Quizizz paper mode bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 3 Celuk dalam strategi pembelajaran literasi dan numerasi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh hasil asesmen nasional yang menunjukkan rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta keterbatasan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan ini dirancang dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, praktik penyusunan soal, serta pendampingan intensif. Pelatihan difokuskan pada penguatan pemahaman guru terhadap konsep literasi dan numerasi dalam pembelajaran tematik, serta penerapan Quizizz paper mode sebagai media evaluasi formatif yang menyenangkan, interaktif, dan dapat digunakan tanpa jaringan internet. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan sangat baik, dengan seluruh program yang direncanakan tercapai 100%. Terjadi peningkatan signifikan skor pretest dan posttest peserta pelatihan sebesar 14 poin, dari rata-rata 71 menjadi 85. Guru menunjukkan antusiasme tinggi dan berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari diskusi, praktik penyusunan soal, hingga simulasi penggunaan media.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noviyanti, P. L., Puspadewi, K. R. ., Atmaja, I. M. D., Wena, I. M. ., & Istara, N. K. N. . (2025). Transformasi Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Melalui Pelatihan Quizizz Paper Mode pada Guru Sekolah Dasar. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 118–122. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i2.11782
Section
Articles
Author Biographies

Putu Ledyari Noviyanti, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kadek Rahayu Puspadewi, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati Denpasar

I Made Dharma Atmaja, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati Denpasar

I Made Wena, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati Denpasar

Ni Kadek Nadien Istara, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati Denpasar

References

Aryanto, S., Meliyanti, Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 1–120. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.

Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782

Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26049

Hakiki, E. K., & Iskandar, T. (2025). Pemanfaatan Quizizz Paper Mode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru. An-Nizam, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10421

Maharani, L., Riyadi, A. R., & Maulida, N. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(7), 651–645. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25442

Mutmainnah, N., Adrias, & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 858–871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781

Naila, F. A., Nugroho, A. A., & Kholifah, P. N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dalam Soal Asesmen Nasional pada Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 539–543. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.660

Noa, P. E., Bela, M. E., Bhoke, W., Wangge, M. C. T., & Hari, C. L. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AKM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAUPONGGO. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 8(2), 43–53. https://doi.org/10.37478/jupika.v8i1.5311

Patmaniar, Ilyas, M., Ma’rufi, Alam, S., Taufiq, Nisraeni, & A, F. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika. Abdimas Langkanae, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.53769/jpm.v5i1.405

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28