Transformasi Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Melalui Pelatihan Quizizz Paper Mode pada Guru Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pelatihan dan pendampingan pembuatan media interaktif Quizizz paper mode bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 3 Celuk dalam strategi pembelajaran literasi dan numerasi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh hasil asesmen nasional yang menunjukkan rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta keterbatasan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan ini dirancang dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, praktik penyusunan soal, serta pendampingan intensif. Pelatihan difokuskan pada penguatan pemahaman guru terhadap konsep literasi dan numerasi dalam pembelajaran tematik, serta penerapan Quizizz paper mode sebagai media evaluasi formatif yang menyenangkan, interaktif, dan dapat digunakan tanpa jaringan internet. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan sangat baik, dengan seluruh program yang direncanakan tercapai 100%. Terjadi peningkatan signifikan skor pretest dan posttest peserta pelatihan sebesar 14 poin, dari rata-rata 71 menjadi 85. Guru menunjukkan antusiasme tinggi dan berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari diskusi, praktik penyusunan soal, hingga simulasi penggunaan media.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Aryanto, S., Meliyanti, Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 1–120. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.
Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26049
Hakiki, E. K., & Iskandar, T. (2025). Pemanfaatan Quizizz Paper Mode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru. An-Nizam, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10421
Maharani, L., Riyadi, A. R., & Maulida, N. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(7), 651–645. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25442
Mutmainnah, N., Adrias, & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 858–871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781
Naila, F. A., Nugroho, A. A., & Kholifah, P. N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dalam Soal Asesmen Nasional pada Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 539–543. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.660
Noa, P. E., Bela, M. E., Bhoke, W., Wangge, M. C. T., & Hari, C. L. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AKM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAUPONGGO. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 8(2), 43–53. https://doi.org/10.37478/jupika.v8i1.5311
Patmaniar, Ilyas, M., Ma’rufi, Alam, S., Taufiq, Nisraeni, & A, F. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika. Abdimas Langkanae, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.53769/jpm.v5i1.405
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28