Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Melalui Praktik Baik dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Gugus TK XI Bunga Matahari

Main Article Content

Suniati Suniati
Megawati Rahman
Dwi Sari Usop

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TK dalam Gugus XI Bunga Matahari melalui pelatihan praktik baik pada Platform Merdeka Mengajar. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan praktik secara langsung. Kegiatan diseminasi dilakukan selama dua hari di Aula TKIT Nurul Fikri dan diikuti oleh guru-guru TK dari gugus tersebut. Materi yang disampaikan meliputi kebijakan Kurikulum Merdeka, pengenalan Platform Merdeka Mengajar, praktik baik, serta pembuatan praktik baik menggunakan Canva. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap fungsi dan pemanfaatan PMM secara signifikan, khususnya dalam membuat dan membagikan praktik baik, menyusun aksi nyata, serta memanfaatkan fitur yang tersedia seperti pelatihan mandiri dan perangkat ajar. Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu menghasilkan produk berupa dokumen praktik baik yang relevan dengan konteks pembelajaran di masing-masing sekolah. Simpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan praktik baik berbasis PMM terbukti efektif dalam mendukung peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru, serta mendorong kolaborasi antarguru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suniati, S., Rahman, M., & Usop, D. S. (2025). Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Melalui Praktik Baik dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Gugus TK XI Bunga Matahari. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 24–27. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i1.10082
Section
Articles
Author Biographies

Suniati Suniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Megawati Rahman, TKIT Nurul Fikri Palangkaraya

TKIT Nurul Fikri Palangkaraya

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aulia, D., Widodo, S., & Hidayati, F. (2023). Analisis Kompetensi Guru dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 45–52.

Bagou, A. & Suking, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 4(1), 10–17.

Damanik, E. (2019). Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Alfabeta.

Febriana, R. (2021). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Platform Merdeka Mengajar. Diakses dari https://guru.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Most read articles by the same author(s)