Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Melalui Praktik Baik dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Gugus TK XI Bunga Matahari
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TK dalam Gugus XI Bunga Matahari melalui pelatihan praktik baik pada Platform Merdeka Mengajar. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan praktik secara langsung. Kegiatan diseminasi dilakukan selama dua hari di Aula TKIT Nurul Fikri dan diikuti oleh guru-guru TK dari gugus tersebut. Materi yang disampaikan meliputi kebijakan Kurikulum Merdeka, pengenalan Platform Merdeka Mengajar, praktik baik, serta pembuatan praktik baik menggunakan Canva. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap fungsi dan pemanfaatan PMM secara signifikan, khususnya dalam membuat dan membagikan praktik baik, menyusun aksi nyata, serta memanfaatkan fitur yang tersedia seperti pelatihan mandiri dan perangkat ajar. Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu menghasilkan produk berupa dokumen praktik baik yang relevan dengan konteks pembelajaran di masing-masing sekolah. Simpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan praktik baik berbasis PMM terbukti efektif dalam mendukung peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru, serta mendorong kolaborasi antarguru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Aulia, D., Widodo, S., & Hidayati, F. (2023). Analisis Kompetensi Guru dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 45–52.
Bagou, A. & Suking, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 4(1), 10–17.
Damanik, E. (2019). Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Alfabeta.
Febriana, R. (2021). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Platform Merdeka Mengajar. Diakses dari https://guru.kemdikbud.go.id/
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.