Pelatıhan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Modul Ajar Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam Bagi Calon Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Ady Ferdian Noor
Haryadi Haryadi
Asep Solikin
Bulkani Bulkani
Sonedi Sonedi
Engelina Nuhet
Yulia Rahmawati

Abstract

Tujuan pelatihan yaitu untuk melatih calon guru yaitu mahasiswa program studi PGSD FKIP UMPR melalui tugas kelompok dapat secara mandiri membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul ajar sesuai kurikulum yang berlaku di sekolah dasar baik untuk kelas rendah maupun kelas tinggi. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi PGSD berjumlah 50 orang. Metode pelatihan yaitu mulai dari penentuan kelompok mengajar yang dibagi secara heterogen dan acak menjadi 13 kelompok terdiri dari 3 – 5 orang mahasiswa, kemudian diberikan materi pendalaman pembelajaran lanjutan dan RPP dan Modul Ajar. Kemudian, kelompok mengajar membuat draft RPP/Modul ajar sesuai Kurikulum yang berlaku di sekolah dasar dan pembelajaran mendalam, kemudian dipresentasikan untuk didiskusikan dan diberi masukkan. Pelaksanaan di ruang kelas FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan tempat lain yang representatif. Waktu pelatihan mengajar berdampak yaitu 120 menit.  Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa menghadapi masalah sebelum dan pada saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar yaitu mahasiswa kurang paham dengan kurikulum yang berlaku baik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), kurikulum 2013 (K13), dan kurikulum merdeka (KM); mahasiswa kurang memahami langkah-langkah menyusun RPP secara sistematis atau modul ajar; dan mahasiswa kurang mengetahui komponen utama. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noor, A. F., Haryadi, H., Solikin, A. ., Bulkani, B., Sonedi, S., Nuhet, E. ., & Rahmawati, Y. (2025). Pelatıhan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Modul Ajar Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 131–139. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i2.11904
Section
Articles

References

Amir, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik di Sekolah Binaan SDN 90/X Mendahara Ilir pada Semester Genap Tahun ajaran 2021/2022. Journal on Education, 6(1), 3945-3953. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3511

Ananda, N. & Albina, M. (2025). Langkah-Langkah Efektif dalam Menyusun RPP dan Modul Ajar Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(1), 1-17. https://doi.org/10.62281/v3i1.1472

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Apandi, I. (2025). Model-Model Pembelajaran Deep Learning. Jawa Barat: BBPMP Provinsi Jawa barat

Dewi, K. H. S., Pramartha, I. N. B., Putera, W. A., Mahaputra, I. K. A. D., & Widadga, I. K. L. A. P. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan E-Modul Flipped classroom di SMK Negeri 2 Kuta Selatan. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(2), 1056–1067. https://doi.org/10.70609/i-com.v5i2.7564

Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan: Improving Teacher Ability in Developing Learning Planning Through Collaborative Coaching for Class V Teachers at Dabin II Education Unit of Gedangan District. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 195–211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939

Herwati, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Menggunakan Metode Supervisi Akademik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 231–245. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4416

Nadlir, Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaraan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. Modeling : Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1-15. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2332

Noor, A. F., Haryadi, H., Solikin, A. ., Bulkani, B., Sonedi, S., Mentari, N. A., & Widianto, A. R. . (2025). Pelatihan Mengajar Berdampak Melalui Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i1.9964

Nengsih, D., Febrina, W., Malfalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. DIKLAT REVIEW: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 8(1), 150-158. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738

Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29-34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127

Sartono. Reni, Latif, U., Komalasari, W., Nurdin, Maulana, T., Falaq, A. T., Indriani, Aprilianti, E. D., Perdiansyah, D., Baihaqi, I. M. (2025). Perencanaan Pembelajaran. Kuningan: UMKuningan Press

Sukardjo, M., Khasanah, U., Soolehatin, E., & Sudrajat Y. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15-30. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489

Suluh, M. & Bitu, Y. S. (2018). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(2), 56-63. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/282/179

Suyanto, et. al. (2025). Pembelajaran Mendalam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelaajran, Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan menengah RI

Trisno, B., & Lainah, L. (2022). Optimalisasi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Baso. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99–112. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5736

Yulianti, U. H., Rukhmana, T., Al Ikhlas, Melasarianti, L., Yulianti, S. D., & Zainudin, M. (2025). Tatangan dan Solusi dalam Penerapan Kuurikulum Merdeka Berbasis Digital, 6(1), 2250-2260. https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.756

Most read articles by the same author(s)