Pelatıhan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Modul Ajar Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam Bagi Calon Guru Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan pelatihan yaitu untuk melatih calon guru yaitu mahasiswa program studi PGSD FKIP UMPR melalui tugas kelompok dapat secara mandiri membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul ajar sesuai kurikulum yang berlaku di sekolah dasar baik untuk kelas rendah maupun kelas tinggi. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi PGSD berjumlah 50 orang. Metode pelatihan yaitu mulai dari penentuan kelompok mengajar yang dibagi secara heterogen dan acak menjadi 13 kelompok terdiri dari 3 – 5 orang mahasiswa, kemudian diberikan materi pendalaman pembelajaran lanjutan dan RPP dan Modul Ajar. Kemudian, kelompok mengajar membuat draft RPP/Modul ajar sesuai Kurikulum yang berlaku di sekolah dasar dan pembelajaran mendalam, kemudian dipresentasikan untuk didiskusikan dan diberi masukkan. Pelaksanaan di ruang kelas FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan tempat lain yang representatif. Waktu pelatihan mengajar berdampak yaitu 120 menit. Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa menghadapi masalah sebelum dan pada saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar yaitu mahasiswa kurang paham dengan kurikulum yang berlaku baik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), kurikulum 2013 (K13), dan kurikulum merdeka (KM); mahasiswa kurang memahami langkah-langkah menyusun RPP secara sistematis atau modul ajar; dan mahasiswa kurang mengetahui komponen utama.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Amir, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik di Sekolah Binaan SDN 90/X Mendahara Ilir pada Semester Genap Tahun ajaran 2021/2022. Journal on Education, 6(1), 3945-3953. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3511
Ananda, N. & Albina, M. (2025). Langkah-Langkah Efektif dalam Menyusun RPP dan Modul Ajar Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(1), 1-17. https://doi.org/10.62281/v3i1.1472
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665
Apandi, I. (2025). Model-Model Pembelajaran Deep Learning. Jawa Barat: BBPMP Provinsi Jawa barat
Dewi, K. H. S., Pramartha, I. N. B., Putera, W. A., Mahaputra, I. K. A. D., & Widadga, I. K. L. A. P. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan E-Modul Flipped classroom di SMK Negeri 2 Kuta Selatan. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(2), 1056–1067. https://doi.org/10.70609/i-com.v5i2.7564
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan: Improving Teacher Ability in Developing Learning Planning Through Collaborative Coaching for Class V Teachers at Dabin II Education Unit of Gedangan District. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 195–211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939
Herwati, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Menggunakan Metode Supervisi Akademik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 231–245. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4416
Nadlir, Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaraan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. Modeling : Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1-15. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2332
Noor, A. F., Haryadi, H., Solikin, A. ., Bulkani, B., Sonedi, S., Mentari, N. A., & Widianto, A. R. . (2025). Pelatihan Mengajar Berdampak Melalui Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i1.9964
Nengsih, D., Febrina, W., Malfalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. DIKLAT REVIEW: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 8(1), 150-158. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29-34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127
Sartono. Reni, Latif, U., Komalasari, W., Nurdin, Maulana, T., Falaq, A. T., Indriani, Aprilianti, E. D., Perdiansyah, D., Baihaqi, I. M. (2025). Perencanaan Pembelajaran. Kuningan: UMKuningan Press
Sukardjo, M., Khasanah, U., Soolehatin, E., & Sudrajat Y. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15-30. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489
Suluh, M. & Bitu, Y. S. (2018). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(2), 56-63. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/282/179
Suyanto, et. al. (2025). Pembelajaran Mendalam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelaajran, Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan menengah RI
Trisno, B., & Lainah, L. (2022). Optimalisasi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pelatihan Bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Baso. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99–112. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5736
Yulianti, U. H., Rukhmana, T., Al Ikhlas, Melasarianti, L., Yulianti, S. D., & Zainudin, M. (2025). Tatangan dan Solusi dalam Penerapan Kuurikulum Merdeka Berbasis Digital, 6(1), 2250-2260. https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.756