Pelatihan Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Konseling Bagi Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5205Keywords:
keterampilan, komunikasi, konselingAbstract
Sejatinya ilmu komunikasi adalah ilmu yang dapat dipelajari oleh semua orang melalui interaksi sosial. Pada hakikatnya, bayi tidak lahir dengan pemahaman yang jelas tentang siapa diri mereka. Sebaliknya, seseorang akan mengembangkan diri pada proses komunikasi dengan orang lain. Seperti saat mengimpor atau menginternalisasi perspektif Sejatinya ilmu komunikasi adalah ilmu yang dapat dipelajari oleh semua orang melalui interaksi sosial. Pada hakikatnya, bayi tidak lahir dengan pemahaman yang jelas tentang siapa diri mereka. Sebaliknya, seseorang akan mengembangkan diri pada proses komunikasi dengan orang lain. Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian yaitu assessment phase, implementation phase, dan evaluation phase. Materi pelatihan yang disampaiakan secara klasikal dapat diterima dan dipahami peserta pelatihan karena dalam penyampaianya mengunakan beberapa media yang mendukung diantaranya yaitu white board, spidol, laptop, LCD sehingga mempermudah dalam penyampaian kepada peserta pelatihan.
Metode klasikal dan dipadukan dengan kelompok serta ada praktik secara langsung menambah skill secara langsung sehingga menambah pengalaman langsung dalam pelatihan komunikasi dan keterampilan konseling yang dilakukan.
Downloads
References
Corey, G. (2012). Student Manual Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. http://books.google.com.au/books?id=NASxLWfwApoC
Development, T. H. E., Evaluation, O. F., Model, P., Service, C., On, B., & Juniro, C. O. F. (2014). the Development of Evaluation Program Model Guidance and Counseling Service Based on Cse-Ucla of Juniro High School in Kudus. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(1). https://doi.org/10.15294/jere
Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., Fariza, D., Syarif, T., & Efasanty, M. (2020). Focused Solution Group Counseling as a Solution to Improve Career Choice Decision-making Abilities. 8(12), 6635–6640. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081227
Fauziah, E. B. (2016). Kepatuhan Penggunaan Obat pada Pasien yang Mendapat Terapi Antibiotik di Puskesmas Mendawai Pangkalan Bun. Jurnal Surya Medika, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i1.373
Istiani, N. (2017). Konsep Strategi Theistic Spiritual Dalam Layanan Bimbingan Konseling Dan Psikoterapi Islam. Religia, 20(2), 190. https://doi.org/10.28918/religia.v20i2.1070
Keterampilan, M., Siswa, K., Bimbingan, D., Melalui, K., & App, A. W. (2020). Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa smp dalam bimbingan klasikal melalui penggunaan aplikasi whats app. 4(3), 133–144. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Nurbudiyani, L., Purtina, A., & Rahmaniati, R. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Etika Wirausaha. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 94–98.
Richard Nelson-Jones. (2005). practical counselling and helping skills text and activities for the lifeskills counselling model (first edit). SAGE Publications, Inc.
Robi, Sugiatno, Muhammad Taqqiyudin, Amimah Qodari, A. (2020). Kerjasama orangtua dan guru pai dalam memotivasi siswa menghafal al qur’an. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 774–786.
Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.117
Siti Rahmi, S. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Keterampilan Dasar. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 177–185.
Tasdih Tasdih, Muhammad Japar, & Awalya Awalya. (2020). The Effectiveness of Group Counseling with Self-Talk technique to Improve Students’ Self-Confidence. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(3), 131–136. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License