Pelatihan Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Konseling Bagi Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Muhammad Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Andi Riswandi Buana Putra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Heru Nurrohman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5205

Keywords:

keterampilan, komunikasi, konseling

Abstract

Sejatinya ilmu komunikasi adalah ilmu yang dapat dipelajari oleh semua orang melalui interaksi sosial. Pada hakikatnya, bayi tidak lahir dengan pemahaman yang jelas tentang siapa diri mereka. Sebaliknya, seseorang akan mengembangkan diri pada proses komunikasi dengan orang lain. Seperti saat mengimpor atau menginternalisasi perspektif Sejatinya ilmu komunikasi adalah ilmu yang dapat dipelajari oleh semua orang melalui interaksi sosial. Pada hakikatnya, bayi tidak lahir dengan pemahaman yang jelas tentang siapa diri mereka. Sebaliknya, seseorang akan mengembangkan diri pada proses komunikasi dengan orang lain. Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian yaitu assessment phase, implementation phase, dan evaluation phase. Materi pelatihan yang disampaiakan secara klasikal dapat diterima dan dipahami peserta pelatihan karena dalam penyampaianya mengunakan beberapa media yang mendukung diantaranya yaitu white board, spidol, laptop, LCD sehingga mempermudah dalam penyampaian kepada peserta pelatihan.

Metode klasikal dan dipadukan dengan kelompok serta ada praktik secara langsung menambah skill secara langsung sehingga menambah pengalaman langsung dalam pelatihan komunikasi dan keterampilan konseling yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Andi Riswandi Buana Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Heru Nurrohman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Corey, G. (2012). Student Manual Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. http://books.google.com.au/books?id=NASxLWfwApoC

Development, T. H. E., Evaluation, O. F., Model, P., Service, C., On, B., & Juniro, C. O. F. (2014). the Development of Evaluation Program Model Guidance and Counseling Service Based on Cse-Ucla of Juniro High School in Kudus. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(1). https://doi.org/10.15294/jere

Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., Fariza, D., Syarif, T., & Efasanty, M. (2020). Focused Solution Group Counseling as a Solution to Improve Career Choice Decision-making Abilities. 8(12), 6635–6640. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081227

Fauziah, E. B. (2016). Kepatuhan Penggunaan Obat pada Pasien yang Mendapat Terapi Antibiotik di Puskesmas Mendawai Pangkalan Bun. Jurnal Surya Medika, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i1.373

Istiani, N. (2017). Konsep Strategi Theistic Spiritual Dalam Layanan Bimbingan Konseling Dan Psikoterapi Islam. Religia, 20(2), 190. https://doi.org/10.28918/religia.v20i2.1070

Keterampilan, M., Siswa, K., Bimbingan, D., Melalui, K., & App, A. W. (2020). Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa smp dalam bimbingan klasikal melalui penggunaan aplikasi whats app. 4(3), 133–144. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Nurbudiyani, L., Purtina, A., & Rahmaniati, R. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Etika Wirausaha. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 94–98.

Richard Nelson-Jones. (2005). practical counselling and helping skills text and activities for the lifeskills counselling model (first edit). SAGE Publications, Inc.

Robi, Sugiatno, Muhammad Taqqiyudin, Amimah Qodari, A. (2020). Kerjasama orangtua dan guru pai dalam memotivasi siswa menghafal al qur’an. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 774–786.

Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.117

Siti Rahmi, S. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Keterampilan Dasar. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 177–185.

Tasdih Tasdih, Muhammad Japar, & Awalya Awalya. (2020). The Effectiveness of Group Counseling with Self-Talk technique to Improve Students’ Self-Confidence. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(3), 131–136. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Setiawan, M. A., Supriyadi, A., Putra, A. R. B., & Nurrohman, H. (2023). Pelatihan Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Konseling Bagi Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Palangkaraya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5205