Penerapan 5 Kriteria Guru Dalam Optimalisasi Pembelajaran Online Era Coronavirus Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Chandra Anugrah Putra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5203

Keywords:

5 Kriteria guru, optimaliasi, onlinr, era coronavirus

Abstract

Pembelajaran online tidak selalu berjalan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Ada banyak hal yang membuat pembelajaran online kurang optimal. Tidak terkecuali dengan sekolah di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Ada sejumlah penggunaan teknologi di SMK Karsa Mulya Palangka Raya yang tersedia untuk pendidikan online tetapi terkadang hal itu menimbulkan banyak kesulitan. Kesulitan dan masalah yang terkait dengan teknologi modern ini berkisar dari kesalahan pengunduhan, masalah penginstalan, masalah login, masalah dengan audio dan video, dan sebagainya. Terkadang siswa menganggap pengajaran online membosankan dan tidak menarik. Solusi yang ditawarkan adalah 5 kriteria yang bisa diterapkan sebagai pertimbangan utama yang penting saat menyampaikan pembelajaran online. Kriteria-kriteria tersebut adalah instruksi, konten, motivasi, relasi, dan kesehatan mental. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode dan prosedur teknik penguasaan konten. Teknik penguasaan konten adalah Teknik yang berupa bantuan kepada individu (sendiri dan kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui proses belajar. Dengan teknik penguasaan konten dapat membantu individu menguasai aspek-aspek konten tersebut secara tersinergikan. Dengan penguasaan konten, individu diharapkan mampu memenuhi kebutuhannya serta mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Dalam hal ini konten yang harus dikuasai adalah penguasaan dalam melakukan proses pembelajaran online dengan penerapan 5 kriteria guru. Hasil pengabdian menunjukan bahwa penerapan 5 kriteria bagi guru memberikan efek positif terhadap perubahan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peserta didik menjadi lebih aktif dan pembelajaran lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Jailani, M., Putra, C., & Setiawan, M. A. (2023). Penerapan 5 Kriteria Guru Dalam Optimalisasi Pembelajaran Online Era Coronavirus Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5203