Pelatihan Kemampuan Berani Tampil Melalui Debat dan Unjuk Bakat Bagi Mahasiswa Prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i2.9122

Keywords:

Berani Tampil, Debat, Unjuk Bakat, Mahasiswa, Prodi BK dan PGSD

Abstract

Tujuan pelatihan yaitu untuk melatih kemampuan berani tampil mahasiswa agar memiliki komunikasi dan kepercayaan diri untuk berinteraksi di depan banyak orang dan dengan masyarakat. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi BK berjumlah 15 orang dan PGSD berjumlah 41 orang terdiri dari dua kelas, FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Metode yang digunakan yaitu semua mahasiswa melakukan debat dan kemudian yang nilainya masih kurang maksimal akan melakukan unjuk bakat. Proses debat dimulai dari melakukan diskusi antara dosen dengan mahasiswa untuk memilih dan menentukan tema debat dan tim dengan format debat yang telah dimodifikasi tetapi tetap memakai kelompok pro dan kontra dan mosi mendukung atau menolak. Kemudian menentukan waktu pelaksanaan debat dengan mengundi dari tim yang sudah terbentuk terdiri dari 3-5 orang setiap tim. Setelah debat selesai, kemudian diberikan penjelasan oleh pemateri untuk melanjutkan unjuk bakat bagi mahasiswa yang nilai kurang maksimal dan waktu untuk melihat bakat masing-masing mahasiswa.  Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa kurang percaya diri, berani ke maju depan kelas, dan kurang berani berbicara mengungkapkan pemikiran dan hasil pelatihan bahwa mahasiswa mulai percaya diri melalui kemampuan menyampaikan ide pikiran berdasarkan logika di depan orang banyak dan menampilkan bakat. Simpulan yaitu pelatihan debat dan unjuk bakat mampu mengembangkan kemampuan berani tampil, percaya diri, menyampaikan ide pikiran berdasarkan logika, berkomunikasi, dan berinteraksi bagi mahasiswa prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. 

Downloads

Author Biographies

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Herman Herman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rahmat Rahmat, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Helnayatun Helnayatun, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Irma Yanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ahmad Rhicho Widianto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aryanti, S. Z. & Sabardila, A. (2020). Analsis Manner Dalam Debat Merdeka Belajar oleh Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 184-195. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13444

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R. & Zamroni. (2021). Modul Belajar Mandiri: Calon Guru (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak), Pedagogi. Jakarta, Direktorat GTK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Chaerani, N., Shabrina, H., Lestari, D., Fahrussiam, F., Prasetyo, A. R., & Musdi. (2023). Communication Skills: Meningkatkan Keberanian Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Melalui Pelatihan Public Speaking. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2604-2612. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1151

Fitri, Y., Mudjiran, & Refnywidialistuti. (2023). Peran Bakat dan Minat. Jurnal JIPS (Jurnal Pendidikan Ilmiah dan Scholastic, 7(3), 62-67. http://doi.org/10.36057/jips.v7i3.637

Hilmah zuryani, Kurniasih, C. E. ., Rabialdy, F. ., Teguh, T., Findari, A. ., Sinulingga, M. S. B. ., Putri, S. A. S. ., Hakim, I. N. ., Abrar, M. ., Nurhaliza, P. ., Novianti, T. D. ., Ursaly, A. B. ., Neldasari, N. ., & Siahaan, Y. H. . (2022). Pemberdayaan Bakat Anak-anak Desa Pangkalan Nyirih Melalui Kegiatan Lomba Muhadharoh. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 3(1), 105-109. https://doi.org/10.55583/arsy.v3i1.306

Harahap, L. K., Mardhiyati, J., & Setiowati, H. (2020). Draw Mınd Map Sebagaı Medıa Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kreatıfıtas Dan Menıngkatkan Motıvası Belajar Mahasıswa. Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia XII (SN-KPK XII). Surakarta, 39-45.

Indraswati, D., Husniati, H., Ermiana, I., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dırı Dan Kemampuan Komunıkası Terhadap Kemampuan Publıc Speakıng Mahasıswa PGSD. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i1.3342

Jazeri, M. (2010). Debat Dan Argumen (Hakıkat, Ragam, Dan Strategı). Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.21274/ls.2010.2.1.47-66

Mulyawati, Y. M. & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). 25-32. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317

Murniati, E. (2020). Bahan Ajar “Pengertian bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, dan Implikasi Pendidikan. Jakarta: FKIP Universitas Kristen Indonesia

Noor, A. F., & Noor, F. (2014). Kompetensi Mengajar Calon Guru SD (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya). Anterior Jurnal, 14(1), 29–37. https://doi.org/10.33084/anterior.v14i1.220

Rahmadani, D. N., Wahyuni, A., & Ekawarna. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal Randai, 2(2), 22-33. http://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.22-33

Rahman, R. & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika), 4(2), 90-97. http://dx.doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828

Shagita, D. M. & Suprihatin, T. (2010). Self- Efficacy Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiswa Dalam Mempresentasikan Tugas Di Depan Kelas. Proyeksi, 5(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.30659/jp.5.1 Retrieved from https://psikologi.unissula.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/diastitin.pdf

Supartini, K. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194–199. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33340

Tamelab, P., Ngongo, M. H. L., & Oetpah, D. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Kemampuan Public Speaking Di Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang. Jurnal Selidik, 2(1), 54-63. https://doi.org/10.61717/sl.v2i1.38

Walenta, A. S. ., Nofirman, N., Rukhmana, T. ., Sitepu, E. ., Ramadhani, R. ., & Sitopu, J. W. . (2024). Pengaruh Metode Debat dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Argumentatif pada Mahasiswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1149 –. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1150

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Noor, A. F., Bulkani, B., Nurbudiyani, I., Herman, H., Rahmat, R., Helnayatun, H., Yanti, I. ., & Widianto, A. R. . (2024). Pelatihan Kemampuan Berani Tampil Melalui Debat dan Unjuk Bakat Bagi Mahasiswa Prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya . Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i2.9122