Pelatihan Kemampuan Berani Tampil Melalui Debat dan Unjuk Bakat Bagi Mahasiswa Prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i2.9122Keywords:
Berani Tampil, Debat, Unjuk Bakat, Mahasiswa, Prodi BK dan PGSDAbstract
Tujuan pelatihan yaitu untuk melatih kemampuan berani tampil mahasiswa agar memiliki komunikasi dan kepercayaan diri untuk berinteraksi di depan banyak orang dan dengan masyarakat. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi BK berjumlah 15 orang dan PGSD berjumlah 41 orang terdiri dari dua kelas, FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Metode yang digunakan yaitu semua mahasiswa melakukan debat dan kemudian yang nilainya masih kurang maksimal akan melakukan unjuk bakat. Proses debat dimulai dari melakukan diskusi antara dosen dengan mahasiswa untuk memilih dan menentukan tema debat dan tim dengan format debat yang telah dimodifikasi tetapi tetap memakai kelompok pro dan kontra dan mosi mendukung atau menolak. Kemudian menentukan waktu pelaksanaan debat dengan mengundi dari tim yang sudah terbentuk terdiri dari 3-5 orang setiap tim. Setelah debat selesai, kemudian diberikan penjelasan oleh pemateri untuk melanjutkan unjuk bakat bagi mahasiswa yang nilai kurang maksimal dan waktu untuk melihat bakat masing-masing mahasiswa. Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa kurang percaya diri, berani ke maju depan kelas, dan kurang berani berbicara mengungkapkan pemikiran dan hasil pelatihan bahwa mahasiswa mulai percaya diri melalui kemampuan menyampaikan ide pikiran berdasarkan logika di depan orang banyak dan menampilkan bakat. Simpulan yaitu pelatihan debat dan unjuk bakat mampu mengembangkan kemampuan berani tampil, percaya diri, menyampaikan ide pikiran berdasarkan logika, berkomunikasi, dan berinteraksi bagi mahasiswa prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Downloads
References
Aryanti, S. Z. & Sabardila, A. (2020). Analsis Manner Dalam Debat Merdeka Belajar oleh Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 184-195. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13444
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R. & Zamroni. (2021). Modul Belajar Mandiri: Calon Guru (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak), Pedagogi. Jakarta, Direktorat GTK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Chaerani, N., Shabrina, H., Lestari, D., Fahrussiam, F., Prasetyo, A. R., & Musdi. (2023). Communication Skills: Meningkatkan Keberanian Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Melalui Pelatihan Public Speaking. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2604-2612. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1151
Fitri, Y., Mudjiran, & Refnywidialistuti. (2023). Peran Bakat dan Minat. Jurnal JIPS (Jurnal Pendidikan Ilmiah dan Scholastic, 7(3), 62-67. http://doi.org/10.36057/jips.v7i3.637
Hilmah zuryani, Kurniasih, C. E. ., Rabialdy, F. ., Teguh, T., Findari, A. ., Sinulingga, M. S. B. ., Putri, S. A. S. ., Hakim, I. N. ., Abrar, M. ., Nurhaliza, P. ., Novianti, T. D. ., Ursaly, A. B. ., Neldasari, N. ., & Siahaan, Y. H. . (2022). Pemberdayaan Bakat Anak-anak Desa Pangkalan Nyirih Melalui Kegiatan Lomba Muhadharoh. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 3(1), 105-109. https://doi.org/10.55583/arsy.v3i1.306
Harahap, L. K., Mardhiyati, J., & Setiowati, H. (2020). Draw Mınd Map Sebagaı Medıa Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kreatıfıtas Dan Menıngkatkan Motıvası Belajar Mahasıswa. Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia XII (SN-KPK XII). Surakarta, 39-45.
Indraswati, D., Husniati, H., Ermiana, I., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dırı Dan Kemampuan Komunıkası Terhadap Kemampuan Publıc Speakıng Mahasıswa PGSD. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i1.3342
Jazeri, M. (2010). Debat Dan Argumen (Hakıkat, Ragam, Dan Strategı). Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.21274/ls.2010.2.1.47-66
Mulyawati, Y. M. & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). 25-32. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317
Murniati, E. (2020). Bahan Ajar “Pengertian bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, dan Implikasi Pendidikan. Jakarta: FKIP Universitas Kristen Indonesia
Noor, A. F., & Noor, F. (2014). Kompetensi Mengajar Calon Guru SD (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya). Anterior Jurnal, 14(1), 29–37. https://doi.org/10.33084/anterior.v14i1.220
Rahmadani, D. N., Wahyuni, A., & Ekawarna. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal Randai, 2(2), 22-33. http://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.22-33
Rahman, R. & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika), 4(2), 90-97. http://dx.doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828
Shagita, D. M. & Suprihatin, T. (2010). Self- Efficacy Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiswa Dalam Mempresentasikan Tugas Di Depan Kelas. Proyeksi, 5(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.30659/jp.5.1 Retrieved from https://psikologi.unissula.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/diastitin.pdf
Supartini, K. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194–199. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33340
Tamelab, P., Ngongo, M. H. L., & Oetpah, D. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Kemampuan Public Speaking Di Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang. Jurnal Selidik, 2(1), 54-63. https://doi.org/10.61717/sl.v2i1.38
Walenta, A. S. ., Nofirman, N., Rukhmana, T. ., Sitepu, E. ., Ramadhani, R. ., & Sitopu, J. W. . (2024). Pengaruh Metode Debat dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Argumentatif pada Mahasiswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1149 –. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1150
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ady Ferdian Noor, Bulkani, Iin Nurbudiyani, Herman, Rahmat, Helnayatun, Irma Yanti, Ahmad Rhicho Widianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License