Pelatihan Berpikir Analisis dengan Peta Konsep Berbantuan Media Gambar bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.7130Keywords:
Berpikir Analisis, Peta Konsep, Media Gambar, Mahasiswa , Program Studi PGSDAbstract
Tujuan pelatihan yaitu untuk membelajarkan kemampuan belajar bermakna dan kemampuan mengajar sistematikc bagi mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sehingga sewaktu pembelajaran materi, siswa mudah menerima materi dan bersemangat dalam belajar. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 51 orang terdiri dari dua kelas. Metode yang digunakan yaitu semua mahasiswa melakukan praksis berpikir analisis dengan melihat media gambar yang ditampilkan kemudian mempraktikkan melalui maju ke depan untuk menulis ke white board melalui apa yang dilihat pada media gambar. Pertama, menulis kosa kata; Kedua, mengkonsep seperti peta untuk kosa kata yang telah ditulis menjadi rangkaian kosa kata yang dipisahkan dengan tanda pisah dari beberapa kosa kata; dan Ketiga, beberapa kosa kata yang telah dipeta konsepkan dan diberi tanda pisah atau hubung kemudian dibuat menjadi kalimat. Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa masih kurang memliki komampuan untuk berpikir konsep melalui merangkai kalimat yang dituliskan dan hasil pelatihan diperoleh bahwa mahasiswa mulai memiliki kemampuan menyusun kalimat dan kemampuan beripikir analisis. Simpulan yaitu pelatihan berpikir analisis mampu mengembangkan kemampuan berpikir untuk memetakan masalah, mencari masalah, dan menemukan gagasan serta menghubungkan antar bagian gagasan bagi mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Downloads
References
Almulla, M.A. dan Alamri, M.M. (2021). Using Conceptual Mapping for Learning to Affect Students. Motivation and Academic Achievement. Sustainability, 13(7). 1-17. https://doi.org/10.3390/su13074029
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R. & Zamroni. (2021). Modul Belajar Mandiri: Calon Guru (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak), Pedagogi. Jakarta, Direktorat GTK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Darnella, R., Syarifah, & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 9(1). 73-86. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5579
Djumingin, S., Juanda, & Tamsir, N. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makssar, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Harahap, L. K., Mardhiyati, J., & Setiowati, H. (2020). Draw Mınd Map Sebagaı Medıa Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kreatıfıtas Dan Menıngkatkan Motıvası Belajar Mahasıswa. Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia XII (SN-KPK XII). Surakarta, 39-45.
Hasan, M. (2021). Makna Peran Media dalam Komunikasi dan Pembelajaran, in Media Pembelajaran. In F. Sukmawati. Media Pembelajaran. pp. 23. Klaten: Tahta Media Grup
Indriaty. (2017). Telaah Kemampuan Berpikir Analisis Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Tugas Meringkas Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Di Universitas Samudra. Jurnal Jeumpa, 4(2). 54-60. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jempa/article/view/655
Karyadi, B., Zukmadini, A. Y., dan Muniarti, N. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogical and Content Biology Knowledge (Pcbk) Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Merancang Rencana Pembelajaran. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 4 (2). 129-138. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.129-138
Ligita, T., Nurjanah, I., Wicking, K., Harvey, N., dan Francis, K. (2022). From textual to visual: the use of concept mapping as an analytical tool in a grounded theory study. Qualitative Research, 22(1). 126-142. https://doi.org/10.1177/1468794120965362
Maharani, A. (2020). Pemakaian Diksi Dalam Penulisan Caption Media Sosial Instagram. Diksi, 28(2). 179-189. https://doi.org/10.21831/diksi.v28i2.32832
Mulyawati, Y. M. & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). 25-32. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317
Novak, J. D. & A. J. Cañas, (2008). The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them, Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008, Florida Institute for Human and Machine Cognition, 2008, available at: http://cmap.ihmc.us/Publications/ResearchPapers/TheoryUnderlyingConceptMaps.pdf
Rahmawati, S., Hariyadi, S., & Febrianto, F. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2). 30-35. available at https://ejr.umku.ac.id/index.php/jaip/article/view/1375
Resti, V. D. A. (2015). Analisis Kreativitas Mahasiswa dalam Penyusunan Peta Konsep Berbentuk E-Mind MAP Berdasarkan Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). 128-134. Retrieved from chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/118948-ID-analisis-kreativitas-mahasiswa-dalam-pen.pdf
Rusydi, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Wulandari, A., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848-2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
Zhu, W., Shang, S., Jiang, W., Pei, M., & Su, Y. (2019). Convergent Thinking Moderates the Reltionship between Divergent Thinking and Scientific Creativity. Creativity Research Journal, 31(3), 320-328. https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1641685
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ady Ferdian Noor, Asep Solikin, Iin Nurbudiyani, Endang Sri Estimurti, Windari Sabela, Een Rose, Fairuz Andhira Binadari, Qurrota A'yuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License