Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.6525

Keywords:

Pelatihan, Ecoprint, Kalimantan Tengah

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membuat ecoprint pada ibu-ibu Dharma Wanita Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah yang nantinya dapat menambah pengetahuan dan kreativitas terkait produk ecoprint sehingga bermanfaat dan bernilai jual. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini yakni: (1) penyampaian materi terkait  mengolah Ecoprint disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi, (2) materi praktek membuat Ecoprint diberikan dengan metode demontrasi, latihan dan pembelajaran berbasis proyek, (3) monitoring dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pelatihan adalah lembar penilaian produk. Kegiatan pelatihan membuat Ecoprint pada ibu-ibu Dharma Wanita Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah berjalan dengan baik dan lancar. Pelaksanaan pelatihan membuat Ecoprint dapat terlaksana sesuai dengan agenda yang dijadwalkan. Materi tersampaikan dengan baik. Begitu pula telah terjadi peningkatan pemahaman. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari 20% menjadi 94% materi terkait Ecoprint. Hasil evaluasi pelatihan pada ibu-ibu Dharma Wanita Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah terkait pembuatan Ecoprint terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta sebelum dan sesudah diberikan pelatihan pembuatan Ecoprint antara lain sebagai berikut: 1) pemahaman tentang bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan Ecoprint dari 25% meningkat menjadi 90%; 2) pemahaman Teknik dan cara pembuatan Ecoprint dari 0% meningkat menjadi 95%; 3) inovasi dan kreativitas pembuatan Ecoprint dari 0% meningkat menjadi 95%; 4) hasil produk olahan Ecoprint dari 0% meningkat menjadi 100%; 5) keatifan  peserta selama pelatihan Ecoprint dari 0% meningkat menjadi 100%, 6) menganalisis terkait kewirausahaan dari 15% naik menjadi 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Juhairiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Doddy Teguh Yuwono, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Angelina Hariyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ahmad Syarif, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Himmah, L. N., Mahanani, C., Jerusalem, M. A., Nurlita, A. A., & Elvera, R. S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN KAIN ECOPRINT SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).

Irianingsih, N. (2018). Yuk Membuat ECO PRINT motif kain dari daun dan bunga. Gramedia Pustaka Utama.

Muminah, I. H., Sugandi, M. K., & Gaffar, A. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag Di Lingkungan Sekolah SATAQU Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1957–1968.

Pujilestari, T. (2015). Sumber dan pemanfaatan zat warna alam untuk keperluan industri. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 32(2), 93–106.

Sandari, T. E., Kartini, I. A. N., Ariputra, H. A. B., & Dwiputra, G. A. A. (2023). Pemberdayaan UKM Batik di Gondang Mojokerto. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(11), 1328–1335.

Sholikhah, R., Widowati, W., & Nurmasitah, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Ibu-Ibu Pkk Di Kelurahan Gunungpati Kota Semarang.

Widjajanti, E., Regina, T. P., & Utomo, M. P. (2011). Pola adsorpsi zeolit terhadap pewarna azo metil merah dan metil jingga. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA. Hal K115-K122, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Juhairiah, S., Purtina, A., Yuwono, D. T., Hariyanti, A., Syarif, A. ., & Nurbudiyani, I. (2024). Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.6525

Most read articles by the same author(s)