Optimalisasi Kesehatan Mental Siswa: Inisiatif Sosialisasi dan Pendampingan di SMA Muhammadiyah Palangka Raya

Main Article Content

Haris Munandar
Esty Aryani Safithry
Istiqamah Hafid
Dwi Sari Usop
Isnaeni Marhani
Siti Juhairiah
Dedy Setyawan
Karyanti Karyanti

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan mental siswa SMA Muhammadiyah Palangka Raya melalui intervensi berbasis sekolah. Latar belakang didasarkan pada laporan I-NAMHS (2022) yang menunjukkan 34,9% remaja Indonesia mengalami masalah kesehatan mental, dengan hanya 2,6% yang mengakses layanan. Metode yang digunakan meliputi: (1) workshop interaktif selama dua hari dengan pendekatan partisipatif, dan (2) aplikasi digital berbasis soal psikologis dengan umpan balik instan. Partisipan terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara acak. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan kesehatan mental sebesar 38% secara rata-rata, dengan capaian tertinggi pada pemahaman dasar (39%). Intervensi digital mendapat respons positif (85% siswa menyatakan materi mudah dipahami), meskipun 28% mengalami kendala akses internet. Program ini membuktikan efektivitas pendekatan multimodal dalam meningkatkan literasi kesehatan mental remaja, dengan rekomendasi pengembangan modul offline untuk menjangkau siswa dengan keterbatasan infrastruktur.

Downloads

Article Details

How to Cite
Munandar, H., Safithry, E. A., Hafid, I., Usop, D. S., Marhani, I., Juhairiah, S. ., Setyawan , D. ., & Karyanti, K. (2025). Optimalisasi Kesehatan Mental Siswa: Inisiatif Sosialisasi dan Pendampingan di SMA Muhammadiyah Palangka Raya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 28–31. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i1.10343
Section
Articles
Author Biographies

Haris Munandar, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Esty Aryani Safithry, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Istiqamah Hafid, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Isnaeni Marhani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Siti Juhairiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan , Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Karyanti Karyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arriza, N., Fauziah, A. R., & Mubayyina, F. (2025). Review Hubungan Kesehatan Mental dan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Daring: Studi di Kota Palopo: Review of the Relationship between Mental Health and Academic Achievement of Students in Online Learning: A Study in Palopo City. Jurnal Inovasi Kesehatan Indonesia, 40-50. https://journal.alpropublication.com/index.php/join/article/view/92

Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. (2022). Indonesia – National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. Pusat Kesehatan Reproduksi, Universitas Gadjah Mada. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia

Ellynawati, E., Lilian, L., & Widjojo, J. (2024). Perancangan platform digital sebagai outlet kreatif anak muda Cikarang. Desain Media, 1(2), 128-134. https://jurnalbima.id/index.php/desmed/article/view/243

Kamila, A., Widodo, P. B., & Listiara, A. (2024). Efektivitas Program Konseling Sekolah Berbasis Psikoterapi Kognitif-Perilaku dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Siswa: Sebuah Tinjauan Sistematis Literatur. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 12(2), 20-37. https://doi.org/10.37721/psi.v12i2.1547

Kutcher, S., Wei, Y., & Coniglio, C. (2016). Mental health literacy: Past, present, and future. Canadian Journal of Psychiatry, 61(3), 154-158. https://doi.org/10.1177/0706743715616609

Nazira, U., & Zahra, U. (2024). Pemanfaatan TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Journal Of Informatics And Busisnes, 2(3), 480-486. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jibs/article/view/1827

Nisa, V. K., Tak, K. C., Izdihar, H., Setiawan, M. A., Damayanti, A., & Sosialita, T. D. (2025). Psıkoedukası Konselıng Sebaya Dan Pertolongan Pertama Psıkologıs Untuk Menıngkatkan Kesehatan Mental Remaja Dı Smp Negerı 16 Gresık. Jurnal Abdi Insani, 12(3), 1199-1211. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2456

Nurfadhillah, A., & Novita, D. (2025). Perancangan Aplikasi Kesehatan Mental Dan Kecemasan Berbasis Android. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 254-267. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14701

Sujarwo, S., & Endila, Y. (2025). Program Penyuluhan Kesehatan Mental Untuk Menıngkatkan Kesadaran Remaja Dı Kecamatan Ilır Tımur Iı Palembang. JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(1), 47-55. https://doi.org/10.63545/juan.v2.i1.90

Most read articles by the same author(s)