Optimalisasi Kesehatan Mental Siswa: Inisiatif Sosialisasi dan Pendampingan di SMA Muhammadiyah Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan mental siswa SMA Muhammadiyah Palangka Raya melalui intervensi berbasis sekolah. Latar belakang didasarkan pada laporan I-NAMHS (2022) yang menunjukkan 34,9% remaja Indonesia mengalami masalah kesehatan mental, dengan hanya 2,6% yang mengakses layanan. Metode yang digunakan meliputi: (1) workshop interaktif selama dua hari dengan pendekatan partisipatif, dan (2) aplikasi digital berbasis soal psikologis dengan umpan balik instan. Partisipan terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara acak. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan kesehatan mental sebesar 38% secara rata-rata, dengan capaian tertinggi pada pemahaman dasar (39%). Intervensi digital mendapat respons positif (85% siswa menyatakan materi mudah dipahami), meskipun 28% mengalami kendala akses internet. Program ini membuktikan efektivitas pendekatan multimodal dalam meningkatkan literasi kesehatan mental remaja, dengan rekomendasi pengembangan modul offline untuk menjangkau siswa dengan keterbatasan infrastruktur.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
 - The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
 - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
References
Arriza, N., Fauziah, A. R., & Mubayyina, F. (2025). Review Hubungan Kesehatan Mental dan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Daring: Studi di Kota Palopo: Review of the Relationship between Mental Health and Academic Achievement of Students in Online Learning: A Study in Palopo City. Jurnal Inovasi Kesehatan Indonesia, 40-50. https://journal.alpropublication.com/index.php/join/article/view/92
Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. (2022). Indonesia – National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. Pusat Kesehatan Reproduksi, Universitas Gadjah Mada. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia
Ellynawati, E., Lilian, L., & Widjojo, J. (2024). Perancangan platform digital sebagai outlet kreatif anak muda Cikarang. Desain Media, 1(2), 128-134. https://jurnalbima.id/index.php/desmed/article/view/243
Kamila, A., Widodo, P. B., & Listiara, A. (2024). Efektivitas Program Konseling Sekolah Berbasis Psikoterapi Kognitif-Perilaku dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Siswa: Sebuah Tinjauan Sistematis Literatur. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 12(2), 20-37. https://doi.org/10.37721/psi.v12i2.1547
Kutcher, S., Wei, Y., & Coniglio, C. (2016). Mental health literacy: Past, present, and future. Canadian Journal of Psychiatry, 61(3), 154-158. https://doi.org/10.1177/0706743715616609
Nazira, U., & Zahra, U. (2024). Pemanfaatan TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Journal Of Informatics And Busisnes, 2(3), 480-486. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jibs/article/view/1827
Nisa, V. K., Tak, K. C., Izdihar, H., Setiawan, M. A., Damayanti, A., & Sosialita, T. D. (2025). Psıkoedukası Konselıng Sebaya Dan Pertolongan Pertama Psıkologıs Untuk Menıngkatkan Kesehatan Mental Remaja Dı Smp Negerı 16 Gresık. Jurnal Abdi Insani, 12(3), 1199-1211. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2456
Nurfadhillah, A., & Novita, D. (2025). Perancangan Aplikasi Kesehatan Mental Dan Kecemasan Berbasis Android. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 254-267. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14701
Sujarwo, S., & Endila, Y. (2025). Program Penyuluhan Kesehatan Mental Untuk Menıngkatkan Kesadaran Remaja Dı Kecamatan Ilır Tımur Iı Palembang. JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(1), 47-55. https://doi.org/10.63545/juan.v2.i1.90