Implementasi Genre-Based Approach dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Arab bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar Jawa Tengah
Main Article Content
Abstract
Satu tantangan utama yang masih dihadapi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Karanganyar Jawa Tengah adalah keterampilan mengembangkan tulisan secara efektif dalam bahasa Arab. Kesulitan yang dapat diidentifikasikan terfokus pada kelemahan mereka untuk menyusun teks dengan struktur yang jelas serta menentukan genre teks yang tepat. Pembelajaran yang diterapkan di sekolah cenderung bersifat umum dan tidak berorientasi pada pengembangan keterampilan menulis sesuai dengan genre teks yang spesifik. Hal ini menghambat siswa dalam mencapai kemampuan menulis yang optimal dalam bahasa Arab. Dilandaskan pada pemasalahan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus untuk mengenalkan pendekatan Genre-based Approach dalam pembelajaran keterampilan menulis atau maharah kitabah. Pendekatan ini menekankan pengenalan dan penulisan berbagai genre teks seperti teks rekon, deskriptif, prosedur, report, diskusi, eksplanasi dan eksposisi dalam teks Arab. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian ini menggunakan empat metode yaitu pertama, Building Knowledge of Field yang direalisasikan melalui pengenalan siswa dengan berbagai genre teks. Kedua Modelling of Text yang direalisasikan dengan pengenalan contoh teks, model analisis struktur dan fitur linguistik setiap genre. Ketiga, Joint Contruction of Text yang direalisasikan dengan latihan menyusun teks berdasarkan genre secara bersama-sama dengan siswa. Keempat, Independent Construction of Text. Pada tahap ini siswa didorong untuk mampu menghasilkan teks secara mandiri, khususnya teks tertulis. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan, ditemukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan menulis pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar sebesar 90,1 %. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan mendorong para siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis teks Arab berdasarkan genre dan ciri-ciri linguistiknya
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Alhamdi, F., & Afril, R. (2025). Maharah Lughawiyah dalam Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. 4(1), 214–225.
Anis Zunaidah, D. (2023). Evaluasi Keterampilan Menulis Bahasa nArab(Maharah Al-Kitabah) Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Applied Arabic Linguistics, 01(01), 36–51.
Efendi, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.
Emilia, E. (2011). Pendekatan Berbasis Teks (Genre-based Approach) dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PT Kiblat Buku Utama.
Fajriah. (n.d.). Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah pada Tingkat Ibtidaiyyah.
Halliday, M. A. K. (2014). An Introduction to Functional Grammar. In An Introduction to Functional Grammar. https://doi.org/10.4324/9780203783771
Hendrawanto Ch. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Kitābah) dengan Menggunakan Metode Scramble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma’rifah, 17(1), 58–68. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.01.06
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.
Martin, J.R., and Rose, D. (2003). Working with Discourse: Meaning beyond the clause. Continuum.
Nurul Aini, & Fahimatul Amrillah. (2023). Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre Pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020. Shaut Al Arabiyyah, 11(1), 44–54. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.35226
Rahmawati, R. D., & Khamim, M. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab - Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Kelas Viii Di Mts Ma’Arif 1 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(4), 19–28. https://doi.org/10.32764/joems.v4i4.517
Santosa, R. (2023). Genre dan Register untuk Penelitian dan Pengajaran (H. A. Wibowo (ed.)). UNS Press.
Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. In Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional.