Implementasi Genre-Based Approach dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Arab bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar Jawa Tengah

Main Article Content

Afnan Arummi
Reza Sukma Nugraha
Arifuddin Arifuddin
Eva Farhah
Muhammad Yunus Anis
Khabibi Muhammad Luthfi
Tri Yanti Nurul Hidayati

Abstract

Satu tantangan utama yang masih dihadapi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Karanganyar Jawa Tengah adalah keterampilan mengembangkan tulisan secara efektif dalam bahasa Arab. Kesulitan yang dapat diidentifikasikan terfokus pada kelemahan mereka untuk menyusun teks dengan struktur yang jelas serta menentukan genre teks yang tepat. Pembelajaran yang diterapkan di sekolah cenderung bersifat umum dan tidak berorientasi pada pengembangan keterampilan menulis sesuai dengan genre teks yang spesifik. Hal ini menghambat siswa dalam mencapai kemampuan menulis yang optimal dalam bahasa Arab. Dilandaskan pada pemasalahan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus untuk mengenalkan pendekatan Genre-based Approach dalam pembelajaran keterampilan menulis atau maharah kitabah. Pendekatan ini menekankan pengenalan dan penulisan berbagai genre teks seperti teks rekon, deskriptif, prosedur, report, diskusi, eksplanasi dan eksposisi dalam teks Arab. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian ini menggunakan empat metode yaitu pertama, Building Knowledge of Field yang direalisasikan melalui pengenalan siswa dengan berbagai genre teks. Kedua Modelling of Text yang direalisasikan dengan pengenalan contoh teks, model analisis struktur dan fitur linguistik setiap genre. Ketiga, Joint Contruction of Text yang direalisasikan dengan latihan menyusun teks berdasarkan genre secara bersama-sama dengan siswa. Keempat, Independent Construction of Text. Pada tahap ini siswa didorong untuk mampu menghasilkan teks secara mandiri, khususnya teks tertulis. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan, ditemukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan menulis pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar sebesar 90,1 %. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan mendorong para siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis teks Arab berdasarkan genre dan ciri-ciri linguistiknya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arummi, A. ., Nugraha, R. S. ., Arifuddin, A., Farhah, E., Anis, M. Y. ., Luthfi, K. M. ., & Hidayati, T. Y. N. . (2025). Implementasi Genre-Based Approach dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Arab bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar Jawa Tengah. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 140–148. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v3i2.11347
Section
Articles

References

Alhamdi, F., & Afril, R. (2025). Maharah Lughawiyah dalam Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. 4(1), 214–225.

Anis Zunaidah, D. (2023). Evaluasi Keterampilan Menulis Bahasa nArab(Maharah Al-Kitabah) Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Applied Arabic Linguistics, 01(01), 36–51.

Efendi, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.

Emilia, E. (2011). Pendekatan Berbasis Teks (Genre-based Approach) dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PT Kiblat Buku Utama.

Fajriah. (n.d.). Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah pada Tingkat Ibtidaiyyah.

Halliday, M. A. K. (2014). An Introduction to Functional Grammar. In An Introduction to Functional Grammar. https://doi.org/10.4324/9780203783771

Hendrawanto Ch. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Kitābah) dengan Menggunakan Metode Scramble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma’rifah, 17(1), 58–68. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.01.06

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.

Martin, J.R., and Rose, D. (2003). Working with Discourse: Meaning beyond the clause. Continuum.

Nurul Aini, & Fahimatul Amrillah. (2023). Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre Pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020. Shaut Al Arabiyyah, 11(1), 44–54. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.35226

Rahmawati, R. D., & Khamim, M. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab - Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Kelas Viii Di Mts Ma’Arif 1 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(4), 19–28. https://doi.org/10.32764/joems.v4i4.517

Santosa, R. (2023). Genre dan Register untuk Penelitian dan Pengajaran (H. A. Wibowo (ed.)). UNS Press.

Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. In Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional.