Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6400

Keywords:

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media dan asesmen yang dibutuhkan dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Muatan dalam modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diantaranya dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, menguatkan enam dimensi profil pelajar Pancasila, memberikan akses seluas-luasnya untuk mempelajari isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, kewirausahaan, teknologi dan kehidupan berdemokrasi. Selain itu pula, memberikan akses untuk peserta didik agar dapat melakukan aksi nyata dalam menanggapi isu-isu yang sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para guru di SD IT Muhammadiyah dalam menyusun modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil kegiatan pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pemahaman guru tentang dimensi, elemen, dan sub elemen dalam modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta membimbing guru dalam menyusun modul projek yang sesuai dengan pencapaian setiap tahap pembelajaran khususnya dalam pembelajaran berbasis projek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahid, N., & Sufirmansyah (2022). The Implementatıon of Merdeka Belajar Polıcy In East Java. 10(1), 149–168.

Anwar, R. N. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Program Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 140–148. https://jiped.org/index.php/JSP

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. 13(1), 95–101.

Farliana, N., Rusdarti., & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Abstrak. 4(3), 484–493.

Saputra, I. G. P. E., Sukarariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta : Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Creation of the Module of Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Using. 1941–1954.

Kemendikbud. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ).

Khosiyatika & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. 75–82.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4. November, 2022.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1).

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 6(4), 7174–7187.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Fireli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD. 3, 3161–3172.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan. 9(2), 121–128.

Yuhastina., Parahita, B. N., Astutik, D., & Ghufronudin. (2021). Sociology Teachers ’ Opportunities and Challenges in Facing “ Merdeka Belajar ” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution and Danang Purwanto. December 2020. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Astuti, A. D., Ni’mah, N., & Setyawan, D. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 17–21. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6400