Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6400Keywords:
Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media dan asesmen yang dibutuhkan dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Muatan dalam modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diantaranya dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, menguatkan enam dimensi profil pelajar Pancasila, memberikan akses seluas-luasnya untuk mempelajari isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, kewirausahaan, teknologi dan kehidupan berdemokrasi. Selain itu pula, memberikan akses untuk peserta didik agar dapat melakukan aksi nyata dalam menanggapi isu-isu yang sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para guru di SD IT Muhammadiyah dalam menyusun modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil kegiatan pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pemahaman guru tentang dimensi, elemen, dan sub elemen dalam modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta membimbing guru dalam menyusun modul projek yang sesuai dengan pencapaian setiap tahap pembelajaran khususnya dalam pembelajaran berbasis projek.
Downloads
References
Ahid, N., & Sufirmansyah (2022). The Implementatıon of Merdeka Belajar Polıcy In East Java. 10(1), 149–168.
Anwar, R. N. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Program Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 140–148. https://jiped.org/index.php/JSP
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. 13(1), 95–101.
Farliana, N., Rusdarti., & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Abstrak. 4(3), 484–493.
Saputra, I. G. P. E., Sukarariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta : Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Creation of the Module of Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Using. 1941–1954.
Kemendikbud. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ).
Khosiyatika & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. 75–82.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4. November, 2022.
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1).
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 6(4), 7174–7187.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Fireli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD. 3, 3161–3172.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan. 9(2), 121–128.
Yuhastina., Parahita, B. N., Astutik, D., & Ghufronudin. (2021). Sociology Teachers ’ Opportunities and Challenges in Facing “ Merdeka Belajar ” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution and Danang Purwanto. December 2020. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License