Gerakan Lıterası Berpıkır Kreatıf Menggunakan Tes Wartegg Pada Anak-Anak Sd Dı Kelurahan Tanjung Pınang Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.7480Keywords:
Literasi Berpikir Kreatif, Tes WarteggAbstract
Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi secara kritis. Sedangkan Kreativitas merupakan kemampuan menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam berbagai situasi kehidupan. Kelurahan Tanjung Pinang di Kota Palangka Raya berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar, khususnya dalam literasi dan kreativitas anak-anak. Salah satu metode yang digunakan adalah Tes Wartegg yang telah terbukti efektif dalam mengeksplorasi potensi kreativitas individu. Tes ini melibatkan pengisian serangkaian gambar yang belum selesai, yang kemudian diinterpretasikan untuk mengungkap aspek-aspek kreatif dan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi berpikir kreatif anak-anak di SD Kelurahan Tanjung Pinang menggunakan Tes Wartegg. Metode ini berfokus pada proses berpikir kreatif yang digunakan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut, membantu mengidentifikasi potensi tersembunyi dan memberikan arahan yang tepat bagi pengembangan kemampuan mereka. Penelitian ini melibatkan beberapa tahap: persiapan kegiatan, pelaksanaan tes, observasi, analisis dan interpretasi data, feedback dan tindak lanjut, serta evaluasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif anak-anak, termasuk peningkatan imajinasi, berpikir kritis, dan ekspresi ide secara kreatif. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan perkembangan dalam kemampuan menghadapi dan menyelesaikan soal-soal Tes Wartegg, peningkatan kepercayaan diri, serta pengembangan keterampilan motorik halus dan kemampuan konsentrasi.
Downloads
References
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355
Fahmie, A., Hasbi, A. H., & Umaya, F. (2020). Mental Health, Team Cohesiveness, and Potential Review of Employees Working Urban Areas. 101–106. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.018
Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.887
Insani, G. N., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Gerakan Literasi Sebagai Strategi Efektif Dalam Menanggulangi Krisis Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.62007/joumi.v1i3.198
Jyesta, N. (2021). RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS), MODUL PEMBELAJARAN , BUKU AJAR PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/14961/
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Rahayu, S. N. (2024). Penerapan Metode Sugesti-Imajijnasi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Hari [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/
Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. UMMPress.
Vidyastuti, V., & Fachrezi, M. Y. (2024). Program Pendampingan Psikologi Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Pada Forum Anak Kelurahan dan Kecamatan Pontianak Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2697
Zubaidah, S. (2016). KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Fatchurrahman, Nurun Ni'mah, Sugianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License