Gerakan Lıterası Berpıkır Kreatıf Menggunakan Tes Wartegg Pada Anak-Anak Sd Dı Kelurahan Tanjung Pınang Kota Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.7480

Keywords:

Literasi Berpikir Kreatif, Tes Wartegg

Abstract

Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi secara kritis. Sedangkan Kreativitas merupakan kemampuan menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam berbagai situasi kehidupan. Kelurahan Tanjung Pinang di Kota Palangka Raya berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar, khususnya dalam literasi dan kreativitas anak-anak. Salah satu metode yang digunakan adalah Tes Wartegg yang telah terbukti efektif dalam mengeksplorasi potensi kreativitas individu. Tes ini melibatkan pengisian serangkaian gambar yang belum selesai, yang kemudian diinterpretasikan untuk mengungkap aspek-aspek kreatif dan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi berpikir kreatif anak-anak di SD Kelurahan Tanjung Pinang menggunakan Tes Wartegg. Metode ini berfokus pada proses berpikir kreatif yang digunakan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut, membantu mengidentifikasi potensi tersembunyi dan memberikan arahan yang tepat bagi pengembangan kemampuan mereka. Penelitian ini melibatkan beberapa tahap: persiapan kegiatan, pelaksanaan tes, observasi, analisis dan interpretasi data, feedback dan tindak lanjut, serta evaluasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif anak-anak, termasuk peningkatan imajinasi, berpikir kritis, dan ekspresi ide secara kreatif. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan perkembangan dalam kemampuan menghadapi dan menyelesaikan soal-soal Tes Wartegg, peningkatan kepercayaan diri, serta pengembangan keterampilan motorik halus dan kemampuan konsentrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Fatchurrahman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurun Ni'mah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355

Fahmie, A., Hasbi, A. H., & Umaya, F. (2020). Mental Health, Team Cohesiveness, and Potential Review of Employees Working Urban Areas. 101–106. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.018

Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.887

Insani, G. N., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Gerakan Literasi Sebagai Strategi Efektif Dalam Menanggulangi Krisis Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.62007/joumi.v1i3.198

Jyesta, N. (2021). RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS), MODUL PEMBELAJARAN , BUKU AJAR PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/14961/

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.

Rahayu, S. N. (2024). Penerapan Metode Sugesti-Imajijnasi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Hari [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. UMMPress.

Vidyastuti, V., & Fachrezi, M. Y. (2024). Program Pendampingan Psikologi Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Pada Forum Anak Kelurahan dan Kecamatan Pontianak Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2697

Zubaidah, S. (2016). KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN.

Published

2024-06-30

How to Cite

M. Fatchurrahman, Ni’mah, N., & Sugianto. (2024). Gerakan Lıterası Berpıkır Kreatıf Menggunakan Tes Wartegg Pada Anak-Anak Sd Dı Kelurahan Tanjung Pınang Kota Palangka Raya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.7480