Penanaman Moral dan Adab Sesuai dengan Sila Kedua Pancasila di SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya

Authors

  • Misyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-2350-3383
  • Achmad Zainul Rozikin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0002-1738-7702
  • Amelia Dwi Astuti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0002-1200-9833
  • Robiyanoor Robiyanoor Politeknik Seruyan
  • Aldi Wirayuda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Alfi Ansyahrin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Aulia Aulia Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muliana Sarah Abigael Boru Sihotang Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nor Aida Fitria Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Tiara Salaysha Fatihah Ilham Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.6267

Keywords:

Pancasila, Moral, Adab, Sila Kedua

Abstract

Pancasila merupakan dasar sekaligus sebagai ideologi bangsa Indonesia menegakkan prinsip-prinsip kehidupan bernegara. Dalam menerapkan nilai-nilai sila ke-II Pancasila siswa menanamkan dan menerapkan secara nyata di lingkungan sekolah dan masyarakat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan nilai nilai sila ke-II  Pancasila. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu berupa sosialisasi kepada siswa kelas VI SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya. Sosialisasi merupakan suatu proses sosial yang dialami seseorang atau kelompok untuk belajar mengenali serta menghayati pola perilaku, sistem sosial terkait nilai dan norma. Hasil dari sosialisasi yang sudah kami lakukan menunjukkan bahwa rata rata siswa sudah menerapkan nilai sila ke-II Pancasila pada kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VI SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya sudah mendapatkan sosialisasi tentang nilai-nilai sila ke-II  Pancasila dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Achmad Zainul Rozikin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Amelia Dwi Astuti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aisyah, S. (2023, June). Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan di SDN Siwalankerto II Surabaya. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1, pp. 541-545). https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1197

Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10. https://litabmas.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/2823

Al Majid, A. K. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab degradasi moral siswa kelas xi IPS Madrasah aliyah hidayatul ummah pringgoboyo kec Maduran kab Lamongan Dalam tinjauan teori moralitas emile durkheim. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Azizah, A. N., & Ali, M. Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5–6 Tahun Di Tk Khodijah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9408

Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/attadrib/article/view/130

Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas–Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84-100.

Kuncoro, J. (2023). Harga Diri dan Konformitas Terhadap Kelompok dengan Perilaku Minum Minuman Beralkohol pada Remaja. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 5(1), 75–85. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/239

Mau, S. Y. (2022). IMPLEMENTASI NILAI SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA KEPERAWATAN.

MUSTAFA, F. K. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. http://repository.unusa.ac.id/8197/

Puspitasari, N. A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2 terhadap Karakter Anak MI Kelas 4 pada Pembelajaran PKn di MI Islamiyah 1 Majasem (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Putri, F. A., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1581-1587. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2783

Ramadhan, M. G., & Astutik, A. P. (2023). IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PENANAMAN ADAB SISWA. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 485-505. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/19457

Sarie, D. A. P. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Kehidupan Kampus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan.

Suryoputro, A., Ford, N. J., & Shaluhiyah, Z. (2006). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seksual remaja di jawa tengah: implikasinya terhadap kebijakan dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi. Makara Kesehatan, 10(1), 29–40.

Wafda, J. (2015). SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA TIDAK MENGENAL ‘ADAB.’ Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 103–116.

Yalida, A. (2019). Pendidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasiladi Kelas IV SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/262

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Misyanto, Rozikin, A. Z., Astuti, A. D., Robiyanoor, R., Wirayuda, A. ., Ansyahrin, A. ., Aulia, A., Sihotang, M. S. A. B. ., Fitria, N. A., & Ilham, T. S. F. (2024). Penanaman Moral dan Adab Sesuai dengan Sila Kedua Pancasila di SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.6267