Penanaman Moral dan Adab Sesuai dengan Sila Kedua Pancasila di SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i1.6267Keywords:
Pancasila, Moral, Adab, Sila KeduaAbstract
Pancasila merupakan dasar sekaligus sebagai ideologi bangsa Indonesia menegakkan prinsip-prinsip kehidupan bernegara. Dalam menerapkan nilai-nilai sila ke-II Pancasila siswa menanamkan dan menerapkan secara nyata di lingkungan sekolah dan masyarakat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan nilai nilai sila ke-II Pancasila. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu berupa sosialisasi kepada siswa kelas VI SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya. Sosialisasi merupakan suatu proses sosial yang dialami seseorang atau kelompok untuk belajar mengenali serta menghayati pola perilaku, sistem sosial terkait nilai dan norma. Hasil dari sosialisasi yang sudah kami lakukan menunjukkan bahwa rata rata siswa sudah menerapkan nilai sila ke-II Pancasila pada kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VI SDN 8 Langkai Kota Palangka Raya sudah mendapatkan sosialisasi tentang nilai-nilai sila ke-II Pancasila dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Aisyah, S. (2023, June). Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan di SDN Siwalankerto II Surabaya. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1, pp. 541-545). https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1197
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10. https://litabmas.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/2823
Al Majid, A. K. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab degradasi moral siswa kelas xi IPS Madrasah aliyah hidayatul ummah pringgoboyo kec Maduran kab Lamongan Dalam tinjauan teori moralitas emile durkheim. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Azizah, A. N., & Ali, M. Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5–6 Tahun Di Tk Khodijah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9408
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/attadrib/article/view/130
Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas–Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84-100.
Kuncoro, J. (2023). Harga Diri dan Konformitas Terhadap Kelompok dengan Perilaku Minum Minuman Beralkohol pada Remaja. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 5(1), 75–85. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/239
Mau, S. Y. (2022). IMPLEMENTASI NILAI SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA KEPERAWATAN.
MUSTAFA, F. K. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. http://repository.unusa.ac.id/8197/
Puspitasari, N. A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-2 terhadap Karakter Anak MI Kelas 4 pada Pembelajaran PKn di MI Islamiyah 1 Majasem (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Putri, F. A., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1581-1587. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2783
Ramadhan, M. G., & Astutik, A. P. (2023). IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PENANAMAN ADAB SISWA. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 485-505. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/19457
Sarie, D. A. P. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Kehidupan Kampus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan.
Suryoputro, A., Ford, N. J., & Shaluhiyah, Z. (2006). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seksual remaja di jawa tengah: implikasinya terhadap kebijakan dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi. Makara Kesehatan, 10(1), 29–40.
Wafda, J. (2015). SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA TIDAK MENGENAL ‘ADAB.’ Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 103–116.
Yalida, A. (2019). Pendidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasiladi Kelas IV SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/262
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Misyanto, Achmad Zainul Rozikin, Amelia Dwi Astuti, Robiyanoor, Aldi Wirayuda, Alfi Ansyahrin, Aulia, Muliana Sarah Abigael Boru Sihotang, Nor Aida Fitria, Tiara Salaysha Fatihah Ilham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License