Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa Mengenai Miskonsepsi Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i2.8674Keywords:
Pemahaman Matematika Siswa, Miskonsepsi Matematika, Matematika Sekolah DasarAbstract
Miskonsepsi adalah kesalahan pengertian dasar yang terjadi ketika konsep yang dipahami siswa berbeda dengan konsep yang sebenarnya. Miskonsepsi Matematika dapat berdampak negatif pada pembelajaran matematika selanjutnya, bahkan hingga ke tingkat pendidikan tinggi. Penting untuk melakukan optimalisasi pemahaman tentang konsep dasar Matematika pada siswa khususnya Sekolah Dasar agar kesalahpahaman mengenai konsep Matematika tidak terus menerus terjadi. Pengabdian ini fokus pada optimalisasi penguasaan konsep dasar Matematika mengenai “bilangan” bagi siswa. Penguasaan konsep dasar bilangan penting dikuasai agar dapat membantu siswa dalam membentuk dasar-dasar perkembangan intelektual, membangun kemampuan berpikir logis dan sistematis dan membantu siswa menghadapi tantangan akademis yang kompleks di masa depan.
Downloads
References
Allen, G. D. (2007). Student Thinking: Lesson 1. Misconceptions in Mathematics. Departement of Mathematics: Texas A&M University. http://www.math.tamu.edu/~snite/Mi sMath.pdf
Bofferding, L.C. (2011, May). Expanding the numerical central conceptual structure: first graders‟ understanding of integers. Stanford University. https://stacks.stanford.edu/file/druid: hk239ky7693/negativenumbers%20[for%20online%20sub mission]-augmented.pdf.
Gradini, E. 2016. Mıskonsepsı dalam Pembelajaran Matematıka Sekolah Dasar dı Dataran Tınggı Gayo. Numeracy. 3 (2). https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i2.209
Komalasari, R., Elsiana, S., Sulastri, A., Eratika, E., Sartika, S., Jufriadi, N., & Sulistio. 2022. Analısıs Penyebab Mıskonsepsı Sıswa dalam Menyelesaıkan Soal Matematıka Materı Operası Hıtung Pecahan. AKSIOMA. 11 (1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4494
Kilhamn, C. (2011). Making Sense of negative numbers. https://gupea.ub.gu.se/bitstream/207 7/24151/1/gupea_2077_24151_1.pdf.
Ojose, B. (2015). Students’ Misconceptions in Mathematics: Analysis of Remedies and What Research Says. Ohio Journal of School Mathematics. Volume 72, 30 – 34.
Rohmah, M., Priyono, S., & Sari, R. S. 2023. Analısıs Faktor-faktor Penyebab Mıskonsepsı Peserta Dıdık SMA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 7 (2). http://journal.unuha.ac.id/index.php/utility
Ridho, M. H., Zubaidah, & Bistari. 2020. Mengatasi Miskonsepsi Siswa Melalui Strategi Konflik Kognitif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 9 (10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43072
Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kimia pada Peserta Didik SMA. Disertasi. PPs-UNY.
Sarlina. 2015. Mıskonsepsı Sıswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematıka Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Sıswa Kelas X5 SMA Negeri 11 MAKASSAR. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 3 (2). https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a5
Yohanes, R. S. 2022. Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika dan Cara Mengatasinya. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1595
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amelia Dwi Astuti, Eva Wulan Sari, Nanda Aulia Salma, Teresia Margaretta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License