Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi Di SMK
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5210Keywords:
media pembelajaran, teknologi informasi, pembelajaran daringAbstract
Kondisi pandemic saat ini menjadi kendala dalam implementasi pembelajaran. Kondisi tersebut juga membuat kepala sekolah membuat kebijakan untuk menerapkan model belajar blended learning. Yaitu model pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dikombinasikan dengan model pembelajaran konvensional tatap muka di kelas. Pengelola sekolah sudah membuat Learning Management System (LMS) dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia secara gratis antara lain google classroom dan aplikasi rumah belajar yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Akan tetapi kedua LMS tersebut belum digunakan secara optimal. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas maka tim pengabdian masyarakat bermaksud untuk memberikan solusi karena adanya permasalahan terkait dengan media pembelajaran berbasias teknologi. Beberapa alternatif masalah yang bisa dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat yaitu dengan mengadakan kegiatan pelatihan. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan adalah pendekatan klasikal. Proses pelatihan dilaksanakan secara klasikal tatap muka langsung. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan pelatihan dan workshop. Pelatihan yang diberikan adalah penyampaian materi tentang pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis daring. Tujuan pelatihan ini adalah membuka wawasan dan pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Sedangkan workshop yang dilakukan yaitu praktik penyusunan kegiatan pembelajran dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan pelatihan terkait dengan implementasi berbagai media pembelajaran berbasis teknoogi informasi. Tahapan kegiatan pengabdian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi Di SMK berjalan dengan baik dan membuahkan perubahan positif pada guru di SMK dibuktikan dengan hasil skor postest lebih besar dibandiangkan dengan skor pretest
Downloads
References
Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337- 8794), 78–90.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Gunawan, K. G. W. I. P., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas XI 10 SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Keterapian Fisik, 2(2), 1689–1699.
Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 53. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155 Jayusman,
I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782
Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu komunikasi, 3(2), 168–173. Syahroni et al. 178 https://doi.org/10.14710/interaksi,3,2,168-173
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Ropiani, M. (2018). Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada Mis Assalam Martapura Dan Min Sungai Sipai Kabupaten Banjar. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 110. https://doi.org/10.23971/njppi.v1i2.907
Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070
Sumanto, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Seni Keterampilan Bagi Guru-Guru Tk Di Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal KARINOV, 1 No. 2(2), 1–11.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43– 48.
Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 96–105.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License