Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi Di SMK

Authors

  • Bulkani Bulkani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • fatchurahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5210

Keywords:

media pembelajaran, teknologi informasi, pembelajaran daring

Abstract

Kondisi pandemic saat ini menjadi kendala dalam implementasi pembelajaran. Kondisi tersebut juga membuat kepala sekolah membuat kebijakan untuk menerapkan model belajar blended learning. Yaitu model pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dikombinasikan dengan model pembelajaran konvensional tatap muka di kelas. Pengelola sekolah sudah membuat Learning Management System (LMS) dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia secara gratis antara lain google classroom dan aplikasi rumah belajar yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Akan tetapi kedua LMS tersebut belum digunakan secara optimal. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas maka tim pengabdian masyarakat bermaksud untuk memberikan solusi karena adanya permasalahan terkait dengan media pembelajaran berbasias teknologi. Beberapa alternatif masalah yang bisa dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat yaitu dengan mengadakan kegiatan pelatihan. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan adalah pendekatan klasikal. Proses pelatihan dilaksanakan secara klasikal tatap muka langsung. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan pelatihan dan workshop. Pelatihan yang diberikan adalah penyampaian materi tentang pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis daring. Tujuan pelatihan ini adalah membuka wawasan dan pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Sedangkan workshop yang dilakukan yaitu praktik penyusunan kegiatan pembelajran dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan pelatihan terkait dengan implementasi berbagai media pembelajaran berbasis teknoogi informasi. Tahapan kegiatan pengabdian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi Di SMK berjalan dengan baik dan membuahkan perubahan positif pada guru di SMK dibuktikan dengan hasil skor postest lebih besar dibandiangkan dengan skor pretest

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

fatchurahman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Bulkani, B., & Fatchurahman, M. (2023). Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi Di SMK. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5210