Pelatihan Mengajar Berdampak Melalui Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Main Article Content
Abstract
Tujuan pelatihan yaitu untuk melatih kompetensi dasar mengajar melalui team teaching (mengajar berkelompok) sehingga mahasiswa mampu memiliki kemampuan mengajar tidak hanya menyenangkan dan bermakna tetapi juga berdampak pada pembentukan karakter sesuai paradigma mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, menguasai teknologi, dan mengontrol situasi siswa dalam kelas berdasarkan tingkatan kelas baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi PGSD berjumlah 26 orang. Metode pelatihan yaitu mulai dari penentuan kelompok mengajar yang dibagi secara heterogen dan acak menjadi 6 kelompok terdiri dari 4-5 orang mahasiswa, kemudian menentukan nomor urut yang akan tampil selanjutnya tampil sesuai nomor urut yang telah ditentukan bersama. Kelompok mengajar membuat rencana pelaksanaan pembelajaran/Modul ajar sesuai Kurikulum yang akan digunakan, kemudian membuat Power Point, dan membuat media pembelajaran (disesuaikan dengan materi yang akan dibelajarkan). Pelaksanaan di ruang kelas dan laboratorium micro teaching FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Waktu pelatihan mengajar berdampak yaitu antara 90-120 menit. Temuan pelatihan ini yaitu masih ada kurang percaya diri, memvariasikan nada dan volume suara serta kecepatan berbicara, dan menyampaikan materi sesuai tingkat kelas pada mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dalam pelatihan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Chotimah, U. (2012). Alternatif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Sebagai Upaya Mencapai Civic Intelligence, Civic Participation dalam Civic Resposibility. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Palembang, Juni 2012, Universitas Sriwijaya.
Darwisy, I., Praherdhiono, H., & Degeng, M. (2024). Dampak Keterampilan dan Sikap Guru Sekolah Dasar Pasca Pelatihan dan Pendampingan Desain Pembelajaran Humanistik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(2), 079-087. http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i22024p079
Fajar, R. P. A. L. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Muda sebagai Smart and Good Citizen di Era Disrupsi. Jurnal Pekan, 6(1), 79-92. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1169
Irawan, A. D. & Nurcahyani, M. (2021). Pengembangan Civic Intelligence Sejak Dini di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kewarganegaraan yang Nyata. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan, 3(2), 52-60, Yogyakarta, Desember 2021, Universitas Ahmad Dahlan.
Kadariah, Kusmaladewi, & Hasmiah. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 3(2), 15-20. http://dx.doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410
Kafi, L., Sabarudin, Ritonga, A. A., Ibrahim, A. A., & Ilahi, R. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 576–585. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573
Noor, A. F., & Noor, F. (2014). Kompetensi Mengajar Calon Guru SD (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya). Anterior Jurnal, 14(1), 29–37. https://doi.org/10.33084/anterior.v14i1.220
Noor, A. F., Bulkani, B., Nurbudiyani, I., Herman, H., Rahmat, R., Helnayatun, H., Yanti, I., & Widianto, A. R. (2024). Pelatihan Kemampuan Berani Tampil Melalui Debat dan Unjuk Bakat Bagi Mahasiswa Prodi BK dan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v2i2.9122
Noor, A. F., Sonedi, Azman, M. N. A., Khunaifi, A. R., Dwiningrum, S. I. A., & Haryanto (2021). The Multicultural Education Paradigm Pattern: A Case Study in Muhammadiyah Junior High School in Palangka Raya, Indonesia. Perspektivy nauki i obrazovania – Perspectives of Science and Education, 52 (4), 297-310. doi: 10.32744/pse.2021.4.19
Sari, M. P., Yurnetti, Y., & Susianna, N. (2022). Pelatihan Pengenalan Lesson Study di Sekolah Dasar: Komentar Reflektif Guru Terhadap Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42–57. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.296
Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15-24. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/Mimbardiksar/article/view/7886
Sari, P. P. (2021). Evaluasi Keterampilan Mengajar Mengadakan Variasi Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. JuDha: Jurnal Dharma PGSD, 1(20, 111-122. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/274
Suyanto, et. al. (2025). Pembelajaran Mendalam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajran, Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan menengah RI
Suryanto, S., Widodo, A., & Nursalim, N. (2018). The Development of Learning Model Based on Controversial Issues to Strengthened The Character of Civic Disposition. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.15962
Ulfah, N. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Guru PKn MI: Pemahaman tentang Paradigma Baru PKn. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 49-64. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.44
Wulandari, A., Makhtuna, W., & Mashud. (2023). Dasar Kemampuan Mengajar: Analisis Deskriptif pada Mahasiswa PGSD sebagai Bahan Tindak Lanjut Perkuliahan. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D), 6(1), 50-59. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/375222685_Dasar_Kemampuan_Mengajar_Analisis_Deskriptif_Pada_Mahasiswa_PGSD_Sebagai_Bahan_Tindak_Lanjut_Perkuliahan