REVOLUSI MENTAL: PEMUDA DAN HABIT BARUNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM SEBUAH UPAYA DALAM MENIMALISIR DAMPAK NEGATIF KECANDUAN MEDIA SOSIAL MASA KINI

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah Pascasarjana IAIN Palangka Raya
  • Mitra Mitra SMA Muhammadiyah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v9i1.3663

Keywords:

pemuda, perfektif Islam, dampak negatif, media sosial

Abstract

Penggunaan aplikasi di smartphone seperti youtube, whatsapp, instagram facebook, tiktok, twitter dll telah membuktikan tingkat kecanduan masyarakat Indonesia terhadap media sosial tersebut, pemakai aplikasi medsos banyak di gandrungi oleh kalangan milenial atau kalangan remaja generasi muda. Tidak cuma adanya dampak baik dari media sosial seperti penyederhanaan interaksi sosial yang tidak lagi berbatas waktu dan tempat, akan tetapi jika pengguna atau user smartphone itu kecanduan terhadap gadgetnya hal ini juga berpeluang untuk memberi dampak buruk terhadap user smartphone itu sendiri. Untuk itu diperlukan kebijaksanaan dalam penggunaan gadget smarphone supaya tujuan kebaikan tetap tersampaikan dengan pembiasaan atau dengan melakukan counter-counter positif terhadap konten negatif baik dari segi pengguna smarphonenya maupun isi didalam media sosial tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan revolusi mental pemuda dan kebiasaannya perpektif Islam terhadap fenomena penggunaan media sosial masa kini. Dengan memperoleh informasi penggalian data melalui studi kepustakaan terhadap kajian literatur yang relevan diharapkan menghadirkan solusi dari problematika kecanduan gadget smartphone, dan dengan menelaah literatur keislaman harapannya juga memberikan pandangan yang mencerahkan untuk mengcounter dampak negatif dari habit pemuda sehingga muncul generasi muda yang dapat memberikan harapan yang baik dalam memakai smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ilhamsyah Ilhamsyah, Pascasarjana IAIN Palangka Raya

Mitra Mitra, SMA Muhammadiyah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

References

Abdillah, Masykuri. 2011. Islam dan Dinamika Sosial Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustama Utama.
Abdurrahman. 2018. Manajemen Qur’ani Tentang Penggunaan Waktu Dalam Bingkai Pendidikan Islam. Nganjuk: Institut Agama Islam Negeri Pangeran Diponegoro. Jurnal Realita. Vol. 16, No. 1.
Alu Asy-Syaikh, Shalih bin Muhammad. 2016 Tafsir Al-Muyassar. Penerjemah: Muhamamd Asmin dan Izzudin Karimi. Jakarta: Darul HAQ. Jilid 1.
Agianto Ripqi, dkk. 2020. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Jurnal Tematik: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 7, No.2.
Amar, Ahmad. 2020. Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Makassar: UIN Alauddin Makassar. Vol. 8, No. 2.
Anshory, Muhammad. 2016. Pemuda Dalam Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner. Vol. 1, No. 2.
Aprilia, Rizki. 2020. Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Vol. 3, No. 1.
Aulia Nurhalifa, dkk. 2020. Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Vol. 3, No. 4.
Ariyadi, Ariyadi. "Bisnis Dalam Islam." Jurnal Hadratul Madaniyah 5.1 (2018): 13-26.
Cahyono, Anang Sugeng. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia. Karawang: AMIK BSI Karawang.
Fitri, Sulidar. 2017. Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 2.
Fuady, Wildan. 2015. Yuk Gaul! (Gaya ala Rasul): Selagi Muda Kenapa Enggak. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Harahap, Machyudin Agung. 2020. Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED. Vol. 7, No. 2.
Hariyanti, Puri. 2016. Generasi Muda Muslim dan Gerakan Sosial Spiritual Berbasis Media Online. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 13, No. 2.
Hasri Irhami, dkk. 2019. Pengaruh Umpan Balik Positif Media Sosial Terhadap Self Esteem Pada Mahasiswa Pengguna Instagram di Universitas Negeri Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Vol. 5, No. 1.
Husnah. 2020. Etika Penggunaan Media Sosial Dalam Al-Qur’an Sebagai Alat Komunikasi di Era Digitalisasi. Majene: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene. Al-Mustla: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 2, No. 1.
Irhamdi, Muhammad. 2018. Menghadirkan Etika Komunikasi Dimedia Sosial (Fecebook).Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 10, No. 2.
Ismail, Faisal. 2018. Islam: Idealitas Qur’ani Realitas Insani. Yogyakarta: IrciSod.
Junawan, Hendra. 2020. Eksistensi Media Sosial: Youtube, Instagram dan Whatsapp Di Tengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 4, No. 1.
Nashir as-Sa’di, Syaik Abdurrahman. 2016. Tafsir al-Karim ar-rahman Fi-Tafsir. Penerjemah: Muhamamad Iqbal, dkk. Jakarta: Darul HAQ. Jilid 4.
Nazaruddi. 2021. Etika Komunikasi Islami di Media Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Pangaruhnya Terhadap Keutuhan Negara. Jurnal Perawi: Media Kajian Komunikasi Islam. Vol. 4, No. 1.
Pancarani, Aulia. 2021. Pengaruh Media Sosial Terhadap Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri Remaja. Vol. 1, No. 1.
Rasyid, Abdul. 2017. Interaksi Melalui Media Sosial Dalam Pandangan Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol Padang.
Ramdhani, Muhammad Tri, Lastaria Lastaria, and Ariyadi Ariyadi. "Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren." Anterior Jurnal 19.1 (2019): 32-40.
Ritonga, Hasnun Jauhari. 2018. Manajemen Waktu Dalam Islam. Sumatra Utara: UIN Sumatera Utara. Jurnal Al-Idarah. Vol. 5, No. 6.
Sabri, Ahmad. 2012. Pengelolaan Waktu Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Al-Ta’lim. Vol. 1, No. 3.
Sari. 2019. Hubungan Kecanduan Mengakses Instagram Dengan Keterampilan Sosial Pada Mahasiswa Psikologi UNP. Jurnal Riset Psikologi. Vol 1, No. 12.
Setiadi, Ahmad. 2015. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika. Vol. 16, No. 2.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. Vol. 7.
_____. 2000. Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama Al-Qur’an. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).
Soliha, Silvia Fardila. 2015. Tingkat Ketergantuan Media Pengguna Sosial Dan Kecemasan Sosial. Jurnal Interaksi. Vol. 4, No. 1.
Sumadi, Eko. 2016. Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi. Jurnal At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 4, No. 1.
Taher. Muhammad Syu’aib. 2019. Pendidikan Etika Budaya Komunikasi Melalui Media Sosial Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Pascasarjana Institut PTIQ Al-Qur’an. Alim: Journal of Islamic Education. Vol. 1, No. 1.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.
Wulandari, Rizki dan Netrawati. 2020. Analisis Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja.Jurnal Riset Tindakan Indonesia. Vol. 5, No. 2.
Yuwanto, L. 2010. Cause of Mobile Phone Addiction. Anima Indonesian Psychological Journal. Vol. 25, No. 3.
Zahro, Fatimatuz. 2021. Penggunaan Media Sosial Likee Menurut Perspektif Islam. SAHAFA: Journal of Islam Communiacation. Vol. 3, No. 2.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Ilhamsyah, I., & Mitra, M. (2022). REVOLUSI MENTAL: PEMUDA DAN HABIT BARUNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM SEBUAH UPAYA DALAM MENIMALISIR DAMPAK NEGATIF KECANDUAN MEDIA SOSIAL MASA KINI. Jurnal Hadratul Madaniyah, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.33084/jhm.v9i1.3663