EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Ishak Ishak STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Abdul Walid STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v9i2.4479

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Model Kooprtaif,, Hasil Belajar PAI

Abstract

Tujuan utamanya yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif  bidang Studi Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui bentuk peningkatan hasil belajar peserta didik dan  untuk mendapatkan data dan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menigkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 116 Pinrang. Penelitian ini apabila ditinjau dari tingkat eksplanasinya, maka tergolong kategori penelitian assosiatif; yaitu penelitian yang menghubungkan antara dua variabel seperti variabel efektivitas model pembelajaran kooperatif pada bidang studi pendidikan agama Islam dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Teknik pengujian datanya dilakukan dengan uji deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi sederhana.Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data  hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran koopertif adalah 96,86.  Niai yang dicapai siswa dari nilai terndah 75 dan nilai tertinggi adalah 95 dengan rentang nilai 3,33 dari nilai ideal.  Setelah dilakukan tes akhir hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif siswa  mencapai tuntas dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa. Karena thitung = 3,250 ≥ ttabel = 2,704 maka dapat disimpulakan Ho ditolak jadi efektifitas pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran koopertif efektif dan secara signifikan dapat menigkatkan hasil belajar peraserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ishak Ishak, STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

Abdul Walid, STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

References

Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang- Undang SISDIKNAS 2003, UU RI. No. 20 Th. 2003,

Gudono,, 2011. Analisis Data Multivariat, Yokyakarta: BPFE

Isjoni, 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. (Bandung: Alfabeta,)

Ridwan, Sunarto, 2011. Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis, Bandung: Alfabeta

Rusman 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV. Alfabeta

Susetyo Budi, 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian, PT. Rafika Aditama

Suprijono Agus. 2012. Cooperatif Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyanto 2012. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo

Trianto 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:PT. Bumi Aksara

Utomo 2020, Mengembangakn Model pembelajaran. Yogyakarta:Bildug

Yusuf Syamsu dan Nur Ihsan, Junika 2005. Landasan Bimbingan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakary

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Ishak, I., & Walid, A. (2022). EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK . Jurnal Hadratul Madaniyah, 9(2), 1–9. https://doi.org/10.33084/jhm.v9i2.4479