STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER LEARNING STRATEGIES IN IMPROVING STUDENTS' LEARNING ACHIEVEMENT
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v10i1.5404Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan utamanya yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Patampanua Pinrang. Jenis metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi serta kejadian secara sistimatis dan faktual mengenai faktor-faktor, sifat-sifat antara fenomena yang dimiliki untuk melakukan akumulasi dasar dimana pada umumnya menerangkan, memperkuat pengamatan serta mendapatkan makna dari permasalahan yang hendak dicapai. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif sesuai dengan jenis data yang diperoleh. Dari pengamatan, wawancara, catatan wawancara, catatan lapangan. Untuk menguji validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun dari observasi (pengamatan). Data hasil pengaatan, dan wawancara penulis dengan para pendidik yang menyatakan bahwa strategi pembelajaran pada peserta didik tergolong baik karena dilakukan tiga tahapa dalam pembelajaran yakni tahap pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Masing masing kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan konsep perencanaan pebelajaran. Sedangkan peningkatan prestasi belajar peserta didik dilakukan dengan evaluasi, dengan kegitan evaluasi atau penilaian tersebut dapat menjadi tolak ukur atas kesuksesan guru didalam mengajar, dan dapat diketahui tingkat pemahaman materi yang telah disampaikan oleh guru, sehingga diperoleh hasil bahwa setelah melakukan strategi pembelajaran terdpat peningkatkan prestasi belajar peserta khususnya pada mata pelajaran PAI dan kegiatan bisa dilakukan melalui observasi kelas maupun observasi lingkungan pada peserta didik.
Downloads
References
Amri Sofan dan Loloek Endah Poerwati, 2013. Panduan Memahami Kurikulum, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Andayani Dian dan Mujib Abdul., 2013. Pendidikan Karakter Perspekti Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI (Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta
Bungin Burhan, 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya Cet. III; Jakarta: Kencana Prenada Media Group
_________, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Kea Rah Ragam Varian Kontemporer. Cat I; Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Hamruni, 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani
Ihsan Fuad, 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Muslih Sahrani Sohari dan Syafaat Aat TB., 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinguency), Jakarta: Rajawali Pers
Moleong Lexi J, 2002. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung : PT. Remaja Rosada Karya
Oemar Hamalik, 2006. Perencanaan Pengejaran berdasarkan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara,
Suyadi, 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata Syaodih Nana. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
______, 2012. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cat.XIV; Bandung
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 20
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (1)
Partanto Pius A, , 2001. Kamus Ilmiah Populer. Cet I; Surabaya: Arkola,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ishak, Abdul Walid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.