STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v10i2.6539Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mengetahui Strategi kepala sekolah, Mengetahui peningkatan kinerja guru dan Mengetahui Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru SMP Negeri 2 Patampanua Pinrang. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk deskriptif. penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, serta pemikiran orang secara mandiri maupun kelompok. Metode pengumpulan daya yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik anaklisis datan yang diguakan adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data dan Penarikan atau Verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam uji kredibilitas adalah uji triangulasi data. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut. Dalam penelitian ini yang digunakan penulis adalah triangulasi melalui sumber yakni membandingkan hasil dari wawancara dengan hasil pengamatan, membandingkan apa yang dikatakan orang atau informan tentang situasi penelitian dengan hasil perpanjangan keikutsertaan yang dilakukan dan membandingkan data perspektif yang berbeda tentang strategi kepala sekolah dan tidak lupa untuk membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen/arsip serta pelaksanaannya, hasil penelitian tetang strategi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru adalah melakukan empat tahapan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai kepala sekolah mulai dari 1) tahap pertama perencanaan dalam menyusun visi dan misi, melakukan rapat kerja, dan menyusun struktut organisasi, 2) tahap kedua pelaksanaan dalam melakukan program supervisi, dan monitoring kinerja guru sekolah, 3) tahap ketiga monitoring dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan pengajaran, dan 4) tahap keempat evaluasi dan tindak lanjut dalam melakukan evaluasi melalui supervisi keda guru, dan tindak lanjut supervisi sebagai upaya peningkatan kinerja guru, dan melakukan rapat evaluasi ketercapaian program kerja SMP Satuatap Salembongan di Kabupaten Pinrang.
Downloads
References
Achmad, G. H. (2021). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. YASIN, 1(2), 246-261.
Aripin, Z. F., Ruswandi, U., & Aziz, M. A. (2022). Desain Pembelajaran Model Dick and Carey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 10, pp. 68-79).
Aryani, W. D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi, Implementasi dan Praktik Baik pada mapel IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka. Cahya Ghani Recovery.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Chanifudin, C., Nuriyati, T., & Harahap, N. (2020). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam (Analisis Pengembangan dan Materi Pendidikan Islam). Akademika, 16(1), 71-85.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Khoirurrijal, M. F. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Pesantren-Madrasah di Mts Nurul Ummah Kotagede. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).
Mulyono, R., & Sulistyani, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999-2019.
Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(01), 1-12.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis kurikulum 2013. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484-493.
Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13.
Nursaadah, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 397-410.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17-34.
Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44-48.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171-182.
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132.
Syarif, Ahmad, et al. "Strategi manajemen mutu sekolah melalui fungsi pengorganisasian di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Modern School Palangka Raya." Jurnal Hadratul Madaniyah 10.1 (2023): 1-10.
Uliatunida, N. (2020). Perencanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan. Medikom| Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 35-48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Walid, Ishak Ishak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.