Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5986Keywords:
Model Pembelajaran, Media Gambar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model Two Stay Two Stray, (2) mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model Two Stay Two Stray, (3) meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian peneliti sebanyak 31 orang peserta didik dengan 16 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar IPA peserta didik pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. (2) Aktivitas guru pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya (3) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata yaitu 85 dan ketuntasan secara klasikalnya yaitu 100 %.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinda Widyasari, Fathul Zannah, Dwi Sari Usop
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.