Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Make a Match Berbantuan Media Kartu Kata Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Bungai Jaya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.7566Keywords:
Materi Perkalian, Make a Macth, Kartu KataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (I) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode make a match berbantuan media kartu kata di SD Negeri 2 Bungai Jaya. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan metode make a match berbantuna media kartu kata di SD Negeri 2 Bungai Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikategorikan penelitian yang berusaha untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi oleh situasi tertentu. Karena peneliti bertindak secara langsung dalam penelitian, mulai dari awal sampai akhir tindakan. Pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini dilakukan melalui pengamatan (observasi) dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (I) Penerapan penggunaan metode make a match berbantuan media kartu kata pada materi operasi hitung perkalian bersusun panjang dan pendek berjalan dengan baik. Hasil setiap siklus mengalami kenaikan pada aktivitas guru dan peserta didik. Perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I 3,13 (Baik) dan meningkat menjadi 3,71 (baik) hasil nilai aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3,16 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,83 (Baik). (2) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan metode make a match . Pra siklus nilai rata – rata peserta didik sebesar 47,5 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik 12,5% (tidak tercapai), dan meningkat pada siklus I menjadi 59 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik 37,5 % akan tetapi masih belum mencapai kategori ketuntasan klasikal yaitu 85 %. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga rata – rata meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100 % .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Sari, Agung Riadin, Nurun Ni'mah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.