Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Menteng Palangka Raya Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5991

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV-C Sekolah Dasar Negeri 4 Menteng Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi data (Reduction Data), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Concluding Drawing). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dikelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik yaitu 1) Kesulitan membedakan angka serta simbol-simbol, 2 peserta didik mengalami kesulitan membedakan angka dan 3 diantaranya kesulitan membedakan simbol, 2) Tidak sanggup mengingat dalil-dalil matematika, 3) Menulis angka tidak terbaca atau dalam ukuran kecil, 4) Tidak memahami simbol-simbol matematika, 5) Lemahnya kemampuan berpikir abstrak, 6) Lemahnya kemampuan metakognisi (lemahnya kemampuan mengidentifikasi sarta memanfaatkan algoritma dalam memecahkan soal-soal matematika) yaitu peserta didik kesulitan menyelesaikan soal pada materi operasi hitung campuran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Lestari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Lestari, A., Misyanto, & Riadin, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Menteng Palangka Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5991