Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II di SDN Dukuh Kupang V Surabaya

Main Article Content

Shafarina Ainurrahma
Putri Aprilia Dwi Maharani
Desi Eka Pratiwi

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan dasar penting bagi keberhasilan belajar siswa di tingkat sekolah dasar, karena menjadi fondasi untuk memahami berbagai mata pelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya, ditemukan bahwa sebagian besar siswa kelas II masih mengalami kesulitan dalam mengenali huruf dan merangkai kata sederhana, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II, Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas II (B) yang berjumlah 28 siswa kelas II SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan membaca permulaan, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari rata-rata 73% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, dan aktivitas belajar siswa meningkat dari 66% menjadi 89%. Kemampuan membaca permulaan siswa juga meningkat, ditunjukkan oleh kenaikan ketuntasan belajar dari 36% pada prasiklus menjadi 50% pada siklus I dan mencapai 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan media kartu kata bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ainurrahma, S., Maharani, P. A. D., & Pratiwi, D. E. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II di SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 3(2), 31–38. https://doi.org/10.33084/jppp.v3i2.11414
Section
Articles
Author Biographies

Shafarina Ainurrahma, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Putri Aprilia Dwi Maharani, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Desi Eka Pratiwi, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

References

Dewi Tegarina Hardanti, A., Puji Rahmawati, F., & Widodo. (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 261–266. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Eka Pratiwi, D., Yuliana, L., Tabhita Partika, N., & Navis Roihan Daru Noorwinanda, M. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(3), 2024. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i3.24312

Farisia, H., Andriani, M., Nurulqolbi, S., Fransiska, S. A., & Handien, Y. F. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2350–2359. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7732

Melisya, M. P., Murjainah, M., & Praseihammi, M. (2023). Pengembangan media kartu kata bergambar untuk keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p1-8

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa ABSTRAK. Jurnal Didaktita, 9(1). https://jurnaldidaktika.org/

Ode Nur Mana, W., M. Mansyur, & Kurniasari, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas II. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 6. https://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal

Oktaviasari, H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 30–36. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.128

Putri, M., Murjainah, & Prasrihamni, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Sumirat, R., & Huda, M. K. (2024). Penerapan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN I Greged. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(10), 72–82. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/3006

Soro, V. M., & Awe, E. Y. (2025). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDK Wolowio melalui media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1431

Suhaidi, S., Sukendro, & Nugraha, U. (2024). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada kelas 1 SD Negeri 207/VIII Sungai Alai. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12980

Yunaili, H., & Riyanto, R. (2021). Penerapan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan daya ingat anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 221–233. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282