Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Mastery Learning Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru Tahun 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5987Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia guru dan peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru dengan Model Mastery Learning Berbantuan Media Kartu Kata, (2) Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru dengan Model Mastery Learning Berbantuan Media Kartu Kata. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar Bahasa Indonesia menjadi baik dan aktif. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata aktivitas guru 3,6 dan aktivitas peserta didik 3,45 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II dengan skor rata-rata aktivitas guru 3,85 dan aktivitas peserta didik 3,75 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal tersebut diperoleh dari nilai rata-rata peserta didik pada soal pre-test adalah 56,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 22,22% setelah itu dilakukan tindak siklus I dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 83,33% kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,55 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Artinya pembelajaran dengan menggunakan model Mastery Learning Berbantuan Media Kartu Kata dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erita Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.