Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v2i2.9692

Keywords:

Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan seluruh potensi yang dimiliki manusia berkembang sehingga dapat menjadi manusia seutuhnya yaitu dengan mampu mengembangkan hati, pikiran dan perasaan. Pada tingkat sekolah dasar, Pembelajaran IPS perlu diberikan kepada semua peserta didik sejak jenjang Sekolah Dasar untuk membekali dengan kemampuan berfikir serta secara logis agar dapat membentuk pribadi siswa yang kreatif, kritis, inovatif dan mampu bekerja sama. Pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking stick pada mata Pelajaran IPS untuk meningkat hasil belajar siswa kelas V di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 15 orang di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mendapat perolehan nilai 53,34% dengan kategori Cukup sedangkan pada siklus II mendapat 83,34% dengan kategori Baik. Jika dilihat pada siklus II siswa banyak mengalami peningkatan. Hal ini bermakna pada siklus ini proses peningkatan hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan dengan kategori Baik. Baik secara individual maupun kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin  dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick adalah Tuntas.

Downloads

Author Biographies

Novita Leony Delviana, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Tazkiyatunnafs Elhawwa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Astuti, C. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar. Wacana Akademika, 1(2), 109-118.

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183-190.

Azizah, A., Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna.

Dalrini, E. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. BASIC EDUCATION, 5(32), 3-025.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal bidang pendidikan dasar, 2(1A), 85-91.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh metode pembelajaran type talking stick terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Bidang pendidikan dasar, 2(1A), 47-58.

Febrianti, W., Rodiyana, R., & Haryanti, Y. D. (2019, October). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 649-656).

Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 6 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94-102.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141-149.

Julia, Lastrri. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Talking Stick untuk Meningkatkan Minat Belajar Muatan IPS siswa kelas V SD Negeri 131/IV Kota Jambi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi.

Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847-1854.

Lisu, Y. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sdk Sta. Maria Assumpta Kota Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 169-179.

Murtiningsih,. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi.

Sauna, Vidia (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Delviana, N. L., & Elhawwa, T. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(2), 25–37. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i2.9692