Penggunaan Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN Pakis V-372 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Salah satu mata pelajaran dasar yang penting dalam pendidikan adalah Bahasa Indonesia, namun banyak siswa merasa bahwa Bahasa Indonesia itu membosankan dan kurang menarik saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengadopsi pendekatan yang lebih menyenangkan dengan menggunakan platform media Educaplay sebagai metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada Materi Konsep Unsur Intrinsik di kelas III SDN Pakis V-372 Surabaya, dengan memanfaatkan platform media Educaplay sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa di kelas III. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan siswa adalah 55,56%. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,37% dengan 14 siswa mencapai ketuntasan. Di siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 85,19% dengan 23 siswa tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Educaplay secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Pakis V-372 Surabaya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
jurnal pendidikan