Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berbantuan Media Tiruan pada Peserta Didik Kelas II SDN Tahai Jaya 2
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.7569Keywords:
Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran waktu dengan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT), (2) mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika peserta didik di kelas II SDN Tahai Jaya 2 dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berbantuan media tiruan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis C Taggart yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Dengan jumlah subjek penelitian 26 peserta didik, dengan 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik kelas II SDN Tahai Jaya 2 pada siklus I rata-rata 2,9 dengan kriteria cukup baik, kemudian pada siklus II rata-rata 3,2 dengan kriteria baik, aktivitas peserta didik meningkat menjadi aktif dalam proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT), (2) hasil belajar Matematika kelas II SDN Tahai Jaya 2 pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 46 dengan ketuntasan klasikal 11,53%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan klasikal 46,15% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal 88,46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas II SDN Tahai Jaya 2.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maghfiratullah Maghfiratullah, Friska Friska, Sugiyanto Sugiyanto, Wahidah Wahidah, Purna Haidawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.