Penerapan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Materi Unsur Intrinsik Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Pakis V/372 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi unsur intrinsik cerita melalui penerapan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) berbasis digital di kelas III SDN Pakis V/372 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 63 pada pra-siklus (ketuntasan 62,8%) menjadi 73 pada siklus I (ketuntasan 75,3%) dan mencapai 80 pada siklus II (ketuntasan 86%). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan media TTS digital mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik cerita. Dengan demikian, media pembelajaran TTS berbasis digital dapat dijadikan sebagai alternatif inovasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar, literasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. 2023.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak: (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Fitriani, A., & Santiani. (2025). ANALISIS LITERATUR: PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN. 2025.
Indah Tri Murti, I., Trio Pangestu, W., & Rias Wana, P. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN IPS KELAS III. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4304
Liasari, D., & Pulungan, M. (2022). KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DONGENG DI KELAS III SD NEGERI 1 MUARA ENIM. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17125
Millah, A. S., Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. 1(2).
Nurena Mutia Puteri, Maria Lusia Anita Sumaryati, & Faradina. (2020). PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN. LOCANA, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.45
Roseana, A., Kirana, A., & Amrullah, A. K. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Unsur Intrinsik Cerita Peserta Didik Kelas V-C SDN Pakis V Surabaya. Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.62354/jep.v1i2.20
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V E DI SDN POLISI 1 KOTA BOGOR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788