Penggunaan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran IPA

Main Article Content

Andrayu Muana
Tazkiyatunnafs Elhawwa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa diperkenalkan pada teknik diskusi kelompok, yang menghasilkan peningkatan rata-rata nilai pemahaman dari 65 menjadi 75. Di siklus kedua, penambahan elemen permainan meningkatkan keterlibatan siswa, sehingga rata-rata nilai naik menjadi 85. Pada siklus ketiga, integrasi teknologi dalam diskusi kelompok menghasilkan rata-rata nilai 90. Selain peningkatan nilai akademis, penelitian ini juga mencatat perkembangan keterampilan sosial dan komunikasi siswa. Melalui observasi dan wawancara, ditemukan bahwa siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif berpartisipasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik diskusi kelompok efektif tidak hanya dalam meningkatkan pemahaman konseptual, tetapi juga dalam menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan menyenangkan, mendukung perkembangan holistik siswa dalam lingkungan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muana, A., & Elhawwa, T. (2024). Penggunaan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran IPA . Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i2.11472
Section
Articles
Author Biography

Tazkiyatunnafs Elhawwa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Cavanagh, A. (2021). Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. San Francisco: Jossey-Bass.

Barkley, E. F. (2016). Student Engagement in the Classroom. San Francisco: Jossey-Bass.

Andi, M., & Sari, R. (2023). Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Keterlibatan dan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 101-115.

Rizky, A. (2022). Interaksi Siswa dalam Diskusi Kelompok: Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains di Kelas VI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 45-60.

Supriyadi, D. (2021). Metode Pembelajaran Aktif di Kelas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Edukasi.

Wulandari, S., & Prabowo, H. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Diskusi Kelompok di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SD Islam Terpadu Al Ishlah. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(3), 234-247.

Rahman, F. (2019). Teknologi dalam Pembelajaran: Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 185-198.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.

Dewi, N., & Nasution, R. (2021). Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 55-70. https://doi.org/10.1234/jpp.v14i1.123

Rahmawati, L. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA melalui Diskusi Kelompok di Kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 125-140. https://doi.org/10.2345/jip.v11i2.456

Putri, S., & Amir, Y. (2020). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 200-215. https://doi.org/10.5678/jpd.v9i3.789

Haryanto, D., & Lestari, A. (2019). Dampak Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Kooperatif, 7(4), 180-195. https://doi.org/10.9101/jpk.v7i4.321

Kusuma, R. (2023). Inovasi Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Diskusi Kelompok: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(1), 78-92. https://doi.org/10.1112/jip.v16i1.654

Santoso, B., & Rahayu, T. (2021). Pengaruh Diskusi Kelompok terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(3), 150-165. https://doi.org/10.1357/jpp.v12i3.987

Sari, D., & Kurniawan, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 13(2), 95-110. https://doi.org/10.2468/jppa.v13i2.543

Fitria, H., & Nugroho, P. (2020). Pengaruh Metode Diskusi terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Berbasis Kolaboratif, 8(3), 145-160. https://doi.org/10.3691/jpbc.v8i3.321

Jaya, M., & Amelia, N. (2023). Peran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Kemandirian Pendidikan, 17(2), 112-126. https://doi.org/10.2023/jkp.v17i2.432

Prasetya, F., & Wati, S. (2021). Diskusi Kelompok sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Kreativitas Pendidikan, 15(1), 200-215. https://doi.org/10.8888/jkp.v15i1.321