Analisis Kesulitan Menulis Permulaan pada Peserta Didik Kelas II SDN Anjir Pulang Pisau-3
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.6974Keywords:
Difficulty, Writing, BeginningAbstract
Kesulitan belajar dapat dikatakan ketika peserta didik mengalami kondisi dimana ada hambatan dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri peserta didik berkesulitam belajar menulis permulaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan menulis, kesulitan tersebut berupa tulisan yang tidak terbaca, sulit membedakan huruf atau kata, menuliskan bentuk huruf terbalik, dan salah saat memegang pensil. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan peserta didik belum mengenal huruf yang menyababkan mereka kesulitan menulis, hal lain yang menjadi penyebab kesulitan menulis karena peserta didik merasa bosan dan malas dalam menulis. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar menulis permulaan dapat menurunkan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan mengimplemantasikan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar menulis permulaan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Sri Estimurti, Khairun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.