Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint (Hyperlink) Dalam Proses Pembelajaran Jurusan Multimedia

Main Article Content

Fahrul Rohman
Endang Sri Estimurti
Misyanto Misyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis Power Point (Hyperlink) dalam proses pembelajaran jurusan multimedia di SMKN- 2 Kasongan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Multimedia, guru multimedia, dan kepala sekolah di SMK Negeri 2 Kasongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Power Point hyperlink pengaruh positif dalam proses pembelajaran. Siswa merasa terlibat dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi yang disajikan melalui hyperlink, selain itu penggunaan media ini juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini dengan terpenuhnya indikator persiapan , pelaksanaan dan tindak lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rohman, F., Estimurti, E. S., & Misyanto, M. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint (Hyperlink) Dalam Proses Pembelajaran Jurusan Multimedia. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(1), 25–29. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.11458
Section
Articles
Author Biographies

Endang Sri Estimurti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

Anwar Muhammad.(2018). Menjadi Guru Profesional.Jakarta:Pranada media Grup

Arsyad, Azhar.(2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Charlina & Rasdana, O., (2022). Pemanfaatan Hyperlink untuk Multimedia Presentasi pada Pembelajaran Teks Anekdot. Geram, 10 (1).

Diplan & M. Andi Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Purwodadi, Grobongan :CV. Sarnu Untung

Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengertian Analisis. Jakarta:Balai Pustaka, Tim Penulis

Faridha, A. (2022). Analisis Penggunaan Media Power Point Pada Pembelajaran Tematik Tema Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar 1. (1), 187-193

Hardani, dkk.(2020). Metode Penelitian Kualitatif &Kuantitatif.Yogyakarta : CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Hamid, A. (2018). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan. Skripsi, 1(532413001)

Jennah.R. (2009).Media Pembelajaran.Banjarmasin : Antasari Press

Kurniawan, A. (2015). 13 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli di Dunia.http://www.guru pendidikan.co.id/13-pengertian-analisis-menurutpara-ahli-di dunia/. Diakses pada tanggal 27 November 2022

Lamadau, S. W. (2013). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran Program Power Point Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata pelajaran Produktif di SMJ Negeri Kota Gorontalo. Skripsi, 1(911409025).

Mudjiono, D, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32.

Meoleong, L. J.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya

Musfiqon.(2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Mecarisce, Arnild Augina. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyaraka.Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, Vol 12

Mardi, dkk. 2007. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK Kleas IX. Bandung: Yudisthira

Nunuk Suryani, dkk (2018). Media PembelajaranInovatif. Bandung:PT Remaja

Rosdakarya

Purwanti, L. (2010). Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)

Purwanrti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S.A. (2020). Analisis penggunaan Media Powerpoint dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Animalia kelas VIII. Journal of biology Education, 3 (2), 158-166.

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 258-267

Pribadi, Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada media Group

Permana, F. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain multimedia Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)

Rahmawati, F., Badarudin, & Hadi, M. S. (2020). PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN. Fajar Historia, 60-67

Rudi, S., & Cepi, R.

Media Pembelajaran. Bandung : Jurusan Kurtek FIP UPI.

Selirowangi, N. B., & Ulfah, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran materi Teks Negoisasi Berbasis Powerpoint interaktif. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 41-50

Sujana Atep, 2014 .Dasar-Dasar IPA : Konsep dan Aplikasinya. Bandung : UPI PRESS

Sugiyono,(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sanaky A.H. hujair,. 2009. Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Tafonao, T. (2018).Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2)