Analisis Minat Belajar Pada Peserta Didik Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kereng Bangkirai
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i1.5242Keywords:
Minat , Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar peseta didik kelas III di SD Negeri 1 Kereng Bangkirai Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III SD Negeri 1 Kereng Bangkirai, peserta didik SD Negeri 1 Kereng Bangkirai, dan orang tua peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peserta didik di kelas III SD Negeri 1 Kereng Bangkirai masuk dalam kriteria cukup baik berminat dalam mengikuti pembelajaran. Ada 7 komponen indikator dari minat belajar yaitu perasaan senang, keinginan, perasaan tertarik, perhatian, giat belajar, mengerjakan tugas, dan menaati peraturan. Namun tidak semua komponen tersebut dimiliki secara maksimal diantaranya keinginan dan perhatian dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun demikian peserta didik masih berusaha untuk giat belajar agar mendapatkan nilai yang baik meskipun haya belajar dengan pelajaran yang disukainya saja dan belajar jika mendekati ulangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Uci Mellynia Anjani, Aam Rifaldi Khunaifi, Agung Riadin, Haris Munandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.