Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Ekonomi Peserta Didik Di SMAN 1 Danau Sembuluh
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i1.5241Keywords:
kesulitan, belajar, ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Ekonomi Peserta Didik di SMAN 1 Danau Sembuluh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang peserta didik dan 1 guru mata pelajaran Ekonomi. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 8 orang. Teknik pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat enam faktor internal penyebab kesulitan belajar Ekonomi yaitu faktor kesiapan peserta didik yang kurang saat mengikuti pembelajaran, faktor pengalaman masih banyak pesera didik yang kesulitan memahami materi yang dijelaskan, faktor kecerdasan saat guru memberikan soal masih ada peserta didik yang tidak bisa menjawab karena kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan, faktor mental kurangnya semangat saat mengikuti pembelajaran, faktor minat dan bakat yang lemah dari peserta didik, dan faktor kebiasaan peserta didik saat yang bersantai dikantin dan peserta didik yang masih berada diluar kelas saat pembelajaran dimulai. (2) Terdapat dua faktor eksternal yang sangat mempengaruhi kesulitan belajar yaitu lingkungan masyarakat sebab teman bergaul dirumah juga mempengaruhi peserta didik, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak terlalu bervariasi yang menyebabkan peserta didik bosan dan kurang bersemangat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 arna purtina, erika jesinta agustina, endang sri suyati, Ahmad Zainul Rozikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.