Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menegah Pertama Muhammadıyah Palangkaraya Kelas VII

Authors

  • Ricky Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Hendri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5985

Keywords:

Strategi, Minat Baca, Perpustakaan, Pelajar, Pulang Pisau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) mengetahui kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, (3) mengetahui kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang dipengaruhi oleh faktor internal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya. Yang berjumlah 31 peserta didik.sempel penelitian ini terdiri dari enam peseta didik.pengambilan sempel ditentukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor dalam diri (internal) dan luar diri (eksternal). (2) Adapun kesulitan belajar dari dalam diri yaitu: kurang memperhatikan pembelajaran karena metode pembelajaran yang membuat peserta didik bosan, kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran, dan kondisi peserta didik saat mengikuti pepmbelajaran saat masuk jam siang peserta didik mengantuk dan kelelahan sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran dengan benar. (3) Faktor eksternal meliputi: kurang berpariasinya metode pembelajaran yang digunakan, factor guru dalam membawakan proses pembelajaran dan bahan pembelajaran yang dirasa cukup banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ricky, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hendri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Ricky, Hendri, & Jailani, M. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menegah Pertama Muhammadıyah Palangkaraya Kelas VII. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5985