Strategi Pembentukan Karakter Religius dan Nasionalis pada Peserta Didik Sekolah Dasar MI Islamiyah Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter religius dan nasionalis merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memiliki jiwa patriotisme. Di era globalisasi ini, tantangan pembentukan karakter semakin kompleks, sehingga diperlukan strategi yang tepat dan efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai religius dan nasionalis pada jenjang pendidikan dasar. MI Islamiyah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan kedua nilai tersebut secara seimbang kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembentukan karakter religius dan nasionalis yang diterapkan di MI Islamiyah Palangka Raya, serta mengidentifikasi efektivitas dan dampaknya terhadap perkembangan karakter peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi mendalam terhadap kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, wawancara terstruktur dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta dokumentasi program-program pembentukan karakter yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Islamiyah Palangka Raya menerapkan strategi terintegrasi melalui pembelajaran berbasis nilai, pembiasaan ritual keagamaan, kegiatan upacara bendera, dan program kearifan lokal. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesalehan individual dan sosial peserta didik, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kuat, dibuktikan dengan peningkatan partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan keagamaan dan nasional.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, Y. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya
Anderson, B. (2023). Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism (Revised Edition). Jakarta: Komunitas Bambu.
Azra, A. (2024). Pendidikan karakter religius di era digital: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 145-162.
Dharma, K., & Siregar, R. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 8(1), 23-35.
Hidayat, M., Nugroho, A., & Sari, D. P. (2024). Pengaruh program tahfidz Al-Qur'an terhadap pembentukan akhlak siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 78-94.
Kemendikbudristek. (2024). Panduan Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lickona, T. (2023). Character Development in Schools and Beyond (3rd Edition). New York: Teachers College Press.
Mulyasa, E. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, M. (2024). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 1-15.
Narwanti, S. (2024). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Prabowo, A., & Herawan, E. (2024). Model pembelajaran karakter religius dan nasionalis di sekolah dasar Islam. Elementary School Journal, 11(2), 156-171.
Rahman, A. (2024). Strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 45-62.
Samani, M., & Hariyanto. (2023). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari, I. P., & Putri, L. A. (2024). Efektivitas upacara bendera dalam menumbuhkan karakter nasionalis siswa sekolah dasar. Jurnal Civics, 21(1), 89-103.
Sulistyowati, E. (2024). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Wibowo, A. (2024). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, H., & Arismunandar. (2024). Peran kearifan lokal dalam pembentukan karakter nasionalis di sekolah dasar daerah perbatasan. Jurnal Pendidikan Multikultural, 8(2), 234-248.
Zubaedi. (2024). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.