Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5

Authors

  • Lulu’ul Hasanah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5988

Keywords:

Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau yang berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel penelitian ini merupakan seluruh anggota populasi, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik (rhitung < rtabel atau 0,197 < 0,3120); (2) tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi sebesar 3,88% terhadap motivasi belajar peserta didik sedangkan sisanya sebesar 96,12% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lulu’ul Hasanah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Hasanah, L. (2023). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 42–47. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5988