Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5988Keywords:
Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau yang berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel penelitian ini merupakan seluruh anggota populasi, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik (rhitung < rtabel atau 0,197 < 0,3120); (2) tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi sebesar 3,88% terhadap motivasi belajar peserta didik sedangkan sisanya sebesar 96,12% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lulu’ul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.