Penerapan Metode Kooperatif Face to Face Promotive Interaction Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5983

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif Face to Face Promotive Interaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas pembelajaran IPS dikelas IX-A SMP Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif Face to Face Promotive Interaction, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif Face to Face Promotive Interaction. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya meningkat. Hasil belajar peserta didik pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 67,88 dan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,26 dengan presentase ketuntasan klasikal 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hanna Olivia Sahida, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Sahida, H. O., Nurbudiyani, I., & Purtina, A. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Face to Face Promotive Interaction Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 35–41. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5983