Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA dengan Materi Mari Kenali Hewan Disekitar Kita di Kelas III SDN Goha

Main Article Content

Wahidin Wahidin
Rita Rahmaniati

Abstract

Penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA dengan Materi ‘Ayo Mengenal Hewan di Sekitar Kita’ di Kelas III SDN Goha bertujuan untuk mencapai tiga tujuan utama. 1). Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Goha. 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru di kelas III SDN Goha dengan menggunakan metode demonstrasi. 3) Penelitian ini akan meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Goha selama 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas III SDN Goha menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Riset ini memakai metode kuantitatif serta kualitatif untuk analisis data, dengan metode kuantitatif mengandalkan observasi dan metode kualitatif mengandalkan tes. Hasil penelitian ini mengungkapkan hal-hal berikut: (1) Selama tahun ajaran 2024/2025, guru di SDN Goha menggunakan metode demonstrasi untuk mengajar siswa kelas III; (2) kemampuan siswa dalam menggunakan metode ini guna mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas dengan menggunakan gambar-gambar berbagai hewan (herbivora, karnivora, omnivora, dan sebagainya) meningkat dari nilai sedang pada siklus I menjadi nilai yang sangat tinggi pada siklus II; dan (3) hasil belajar siswa meningkat saat guru menggunakan metode demonstrasi dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahidin, W., & Rahmaniati, R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA dengan Materi Mari Kenali Hewan Disekitar Kita di Kelas III SDN Goha. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(2), 52–59. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i2.10140
Section
Articles
Author Biographies

Wahidin Wahidin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdullah, A., Eny R. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Dapiha. 2018. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 12 (1): 26-27.

Erlinda. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora. 3 (3):592-593.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Pustakarya.

Mulyani, Evi. 2013. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN 18 Pelangor Sei Luas. Skripsi. Universitas Tanjung Pura.

Majid, Abdul. 2015. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Malasari. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Loppo Kabupaten Luwu. JOURNAL. 1(1): 30-31.

Manurung, A., Sidabutar, Y.A., & Pasaribu, S. 2022. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran I Kelas IV SD. Jurnal Penddikan dan Konseling. 4 (5):9-10.

Mulyati, T. 2021. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. ELEMENTARY. 1(2) : 42-43.

Nidaurrhamah, A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Cendikia. 09 (2) :194-196.

Nurjanah. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajjar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Konsep Berbagai Bentuk Energi Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Mata Pelajaran IPA Kelas I SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (1) : 24-25.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 03(01) :171 – 178.

Pamungkas, k., Rahmaniati, R. 2024. Upaya Menngkatkan Hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Aplikasi Quizizz di SMP Negeri 1 Permata Kecubung Kelas VIII, Jurnal pendidikan Teknologi Informasi. 8(2):1-8

Peole, A. E. Agustina, , V. M., & Alibasyah, L. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Demontrasi Pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN Taupa Kabupaten Parigi Mountong. Jurnal Kreatif Taduloko Online. 4 (6) :52-54.

Permana, Johar dan Mulyani Sumantri. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana

Putri P., S. R., Riang Tati, A. D., & Sahriah. 2024. Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Global Journal Teaching Profesional, 3 (2): 435-437.

Rukayya., Rudiawan. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Murid Kelas V SDN. Almeera Education. 1 (3):122-128.

Suyitno, I. 2014. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT.Refika Adtama.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sani, R.A., Prayitno, Wendhie., & Hodriani. 2020. Panduan Praktis Peneltian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sabina. 2014. Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA Untuk Meninggkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Santi, E. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa di Sekolah Dasar. Prosa. 1 (2):198 – 199.

Suryani, Nunuk. & Agung Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak

Sobon, K., & Lumowa, S. J. 2018. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri Kawangkoan Kecamatan Kalawat. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 3 (2) : 206-207.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Uno,H.B. & Mohamad Nurdi.2013. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Vikiantika, A., Satya, N.P.,& Erwati, Y. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu. 6 (2) : 3-4.

Wande, A.P., Wangge, Y.S.,& Mbabho, F. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi pada siswa kelas III SDI Tetandara Kabupaten Ende. Prima Magistra. 1 (1) :16-17.

Wardhana, Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung. PT.Prbumi Mekar.