Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Quizizz Paper Mode pada Kelas IV B SD Negeri 2 Palangka
Main Article Content
Abstract
Pada pembelajaran IPAS di kelas IV B SD Negeri 2 Palangka, guru belum menerapkan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif dari siswa. Pembelajaran lebih berpusat pada guru, sehingga guru mendominasi proses belajar tanpa memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Akibatnya, pembelajaran menjadi pasif, membuat siswa kurang tertarik sehingga berpengaruh pada rendahnya pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPAS peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik IV SD B SD Negeri 2 Palangka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD B Negeri 2 Palangka yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi, sedangka analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode pada peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka masuk dalam kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media quizizz paper mode pada peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Palangka, terbukti dari hasil pra tindakan dengan rata-rata 35,86 dengan ketuntasan klasikal 8,69%, pada Siklus I dengan rata-rata 58,04 dengan ketuntasan klasikal 43,47% dan Siklus Il dengan rata-rata 84,83 dengan ketuntasan klasikal 95,65% yang berarti hampir seluruh peserta didik telah mencapai nilai minimal yang ditetapkan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi guru sekolah dasar tentang mata pelajaran ipas pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841-1854.
Handayani, V., Maulidiana, F., Nasution, A. N. P., & Anjarwati, A. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 125-130.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan metode pembelajaran observasi lapangan (outdoor study) pada mata kuliah manajemen operasional (survey pada mahasiswa jurusan manajemen semester iii sekolah tinggi ilmu ekonomi persada bunda). Peka, 6(2), 90-103.
Kartikasari, C. P. (2019). Penerapan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa sd kelas v. Creative of Learning Students Elementary Education (COLLASE), 2(3), 109-116.
Magfiroh, H. D., Qisti, D. A. B., & Julianto, J. (2024). Peningkatan hasil belajar ipas melalui media quizizz paper mode pada siswa kelas iv di sdn suko no. 363 sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 800-811.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Rahayu, R., Primarni, A., & Mustaqim, I. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pai di smpi al-iqomah cipayung-depok. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 81-103.
Simaremare, J. A., & Purba, N. (2021). Metode cooperative learning tipe jigsaw dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa indonesia. Bandung: CV. Widina Media Utama.
Tambunan, J. O. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 096117 baringin raya tahun pelajaran 2019/2020. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 89-92.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widayati, Y. T. (2017). Aplikasi teknologi qr (quick response) code implementasi yang universal. Komputaki, 3(1). 66-69.
Yusantika, F. D. (2020). Pendampingan penelitian tindakan kelas bagi calon guru di mi nu tegalsari. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(1), 8-1.s and Theses Global.