Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosial Modeling (Imitasi) Untuk Mengurangi Perilaku Off Task Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i1.5240Keywords:
imitasi, social modeling, offtask, toleransiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan layanan penguasaan konten dengan teknik sosial modeling untuk mengurangi perilaku off task peserta didik madrasah ibtidaiyah. Rancangan penelitian ini menggunakan Single Subject Design (SSD) dengan multiple beseline cross variables. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 peserta didik kelas II MI HIdayatul Insan Palangka Raya yang terindikasi sebagai peserta didik berperilaku off task cenderung tinggi dan sedang yang masing-masing diidentifikasi dari rubric observasi fasebaseline, intervensi, dan kontrol ekperimen. Analisis data menggunakan analisis visual dengan memperhatikan perubahan level dan trend. Hasil analisis menunjukkan ke lima subjek pada fase baseline memiliki perilaku off task cenderung tinggi dan sedang pada perilaku berjalan-jalan saat PBM, pada perilaku menggoda teman, dan pada perilaku berbincang dengan teman saat PBM. Pada fase intervensi terakhir kelima subjek mengalami penurunan kategori dari kategori tinggi menjadi sedang dan dari kategori sedang menjadi rendah, pada tiga perilaku yang diteliti. Pada fase berikutnya yaitu pada fase kontrol eksperimen, pergerakan data stabil seperti data pada pengukuran intervensi. Berdasarkan data tersebut, trend dan level mengalami penurunan yang cukup tajam. Pola tersebut menunjukkan bahwa jika intervensi ditarik atau tidak dilaksanakan maka akan terjadi penurunan perilaku off task peserta didik. Artinya bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik sosial modeling untuk mengurangi perilaku off task peserta didik madrasah ibtidaiyah (MI).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 martina rohama, Mohammad Fatchurahman, esty aryani Safithry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.