Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Pakis V yang Mengalami Keterlambatan Melalui Pendekatan Multisensori dengan Media Kartu Gambar

Main Article Content

Dilla Puspa Anggraini
Desi Eka Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Pakis V Surabaya yang mengalami keterlambatan membaca melalui pendekatan multisensori dengan media kartu bergambar. Pendekatan multisensori melibatkan penggunaan berbagai indera seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan gerakan secara simultan untuk memperkuat proses belajar dan daya ingat murid. Metode yang dugunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas 1A yang menunjukkan kesulitan dalam mengenal huruf, membaca suku kata, dan memahami kata sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi awal murid, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan murid dalam proses pembelajran, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode multisensori sebagai strategi efektif dalam mengatasi keterlambatan membaca pada anak sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraini, D. P., & Pratiwi, D. E. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Pakis V yang Mengalami Keterlambatan Melalui Pendekatan Multisensori dengan Media Kartu Gambar. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 3(2), 45–49. https://doi.org/10.33084/jppp.v3i2.11425
Section
Articles
Author Biographies

Dilla Puspa Anggraini, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Desi Eka Pratiwi, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

References

Mahyuni, M., Muzakkir, A., Aziz, L. A., & Haryadi, H. (2025). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 1 Gegerung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. FONDASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-7.

Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini: Suatu kajian literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309.

Basri, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 8(1), 29-33.

Rahma, S. N., Deyanti, F., & Fitriyah, M. (2024). Peran membaca dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kalangan mahasiswa. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 100-108.

Oktaviasari, H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 30-36.

Hannah, I. H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 24-29.

Borman, R. I., & Putra, A. S. (2018). Game Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Autis Dengan Penerpan Pendekatan Edukasi Multisensori. Semnasteknomedia Online, 6(1), 1-6.

Maulida, J. S., & Zuhri, S. (2025). KAJIAN PENDEKATAN MULTISENSORI PADA DESAIN JAWA TIMUR PARK. Jurnal Arsitektur ARCADE: Vol, 9(2).

DYNASTI, R. H. (2022). Pengembangan Kartu Huruf Berbasis Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Murid Disleksia Kelas II Di SD IT Nurul Fikri Makassar.

Malinda, F. (2023). Efektivitas metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak Sekolah Dasar Di yayasan Peduli Kasih Ibu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).