Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Animasi Bergambar Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya

Authors

  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ayu Fitri Lestari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5990

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Pendekatan Kontekstual, Media Animasi Bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana aktivitas keterampilan berbicara peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Media Animasi. (2) Mengetahui peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Media Animasi Bergambar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil belajar yang pada setiap siklus mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan rata-rata 71,56 dengan persentase ketuntasan klasikal 56%, (2) siklus I mendapatkan skor rata-rata 72,81 dengan persentase ketuntasan klasikal 81%, dan siklus II rata-rata 76,23 dengan persentase ketuntasan klasikal 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didk pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik pada mata mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ayu Fitri Lestari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Supriyadi, A., & Fitri Lestari, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Animasi Bergambar Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 9–16. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5990