Edukasi Nilai Kebersihan Melalui Media Interaktif Pada Wahana Soklin diKidZania Surabaya Bagi Siswa SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi nilai kebersihan melalui media interaktif pada wahana Soklin di KidZania Surabaya bagi siswa SD. Permasalahan kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan pada anak-anak usia sekolah dasar masih menjadi tantangan di Indonesia. Wahana edukasi interaktif seperti simulasi dan menarik untuk menanamkan nilai-nilai positif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif pada wahana Soklin, yang meliputi simulasi mencuci pakaian, identifikasi jenis-jenis detergent dan softener, dan permainan edukatif lainnya, berhasil menarik perhatian siswa SD. Pengalaman langsung dalam melakukan aktivitas kebersihan secara menyenangkan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Interaksi dengan Zupervisor yang berperan sebagai fasilitator juga turut mendukung proses internalisasi nilai-nilai keberhasilan. Implikasi dari penilaian ini adalah pentingnya pengembangan media edukasi interaktif yang relevan dan menarik untuk menanamkan nilai-nilai karakter sejak dini.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ainiyah, S. W., & Rohma, E. A. (2025). Pengaruh Game Edukasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik; Studi Kasus SDN Daleman I. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 383-396.
Asmadi, A., & Arlina, A. (2025). Peran ekstrakurikuler PAI dalam pengembangan keterampilan sosial dan kemandirian siswa MAS. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 10(1), 7-17.
Fadilah, N., AR, M. M., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 56-66.
Lidyawati, C. O. E., Febrian, R. R., Zakki, M., El-Yunusi, M. Y. M., Darmawan, D., Evendi, W., & Hardyansah, R. (2025). Pentingnya Kesadaran Tentang Kebersihan Melalui Kerja Bakti Masyarakat Desa Balunganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 152-162.
Pasaribu, F., Alfina, R., & Hasanah, N. (2024). Sosialisasi Pendidikan (GERSANK) Gerakan Sayang Anak Sebagai Upaya Mempersiapkan Pendidikan Berkarakter Dan Generasi Islami Bagi Masyarakat Desa Serba Aceh Tamiang. Fusion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–80.
Putri, D. A., Pratiwi, N. A., Novitasari, D., Ozzari, N. A., Hidayah, A. H., & Kusumastuti, E. (2024). Peran strategis mahasiswa Islam dalam memacu kemajuan edukasi agama. Jurnal Kependidikan, 9(1), 16-29.
Putri, D. A., Subandrio, S., & Kusmiarti, R. (2025). Edukasi Struktur Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMAN 5 Lebong. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 28-32.
Rizki, C., Zain, M. I., & Muslehudin, M. (2025). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SDN 7 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 402-406.
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). TEKNIK PENGUMPULAN DATA: OBSERVASI, WAWANCARA DAN KUESIONER. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39-47.
Sari, E. N., & Nuraeni, N. (2025). Kunci Sukses Kinerja Karyawan: Dampak Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja pada PT. Bangunpapan Idaman. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(2), 1394-1400.
Sofyan, S., Kurniawan, M. B., Octarina, H., Sahusilawane, N. A., Safira, A., Sulastri, T., & Yusnaldi, E. (2025). Kesadaran Sosial Melalui Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(1), 258-268.